PENGARUH MODEL PEMBELAJARAAN DEEP DIALOGUE AND CRITICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 31 BANDAR LAMPUNG

ZUHAN, NAHDIYAH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAAN DEEP DIALOGUE AND CRITICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 31 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi Zuhan Nahdiyah REVISIIIIIII.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan bagian dari kurikulum matematika yng sangat penting. Kurangnya kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik menjadi permasalahan utama. Hal ini salah satunya disebabkan disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik, sehingga dibutuhkan suatu inovasi dalam penggunaan model pembelajaran yang mampu untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Deep Dialogue And Critical Thinking merupakan model pembelajaran yang proses pembelajarannya dikonstruksikan untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman melalui berdialog secara mendalam dan berpikir kritis. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Deep Dialogue And Critical Thinking dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Penelitian in merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasy Eksperimental Design dengan menggunakan post-test only control. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 31 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII F sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Deep Dialogue And Critical Thinking dan kelas VII E sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model konvensional. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Random Sampling dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesisnya dengan menggunakan uji ANAVA dua jalan sel tak sama dan uji lanjut menggunakan uji komparasi ganda dengan menggunakan metode Scheffe. Berdasarkan analisis dan pembahasan pada hasil penelitian tersebut maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Deep Dialogue And Critical Thinking dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Selain itu, terdapat pengaruh motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Terakhir, tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Deep Dialogue And Critical Thinking dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Deep Dialogue And Critical Thinking, Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Apr 2021 03:28
Last Modified: 09 Apr 2021 03:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13693

Actions (login required)

View Item View Item