EFEKTIVITAS PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY DENGAN TEKNIK BIBLIOTHERAPY UNTUK MENINGKATKAN SIKAP EMPATI PESERTA DIDIK MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

AMAD, ROMADI (2021) EFEKTIVITAS PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY DENGAN TEKNIK BIBLIOTHERAPY UNTUK MENINGKATKAN SIKAP EMPATI PESERTA DIDIK MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP AMAD ROMADI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT AMAD ROMADI.pdf] PDF
Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Sikap empati tidak hanya berpengaruh dalam proses pembelajaran namun dapat berpengaruh terhadap perilaku siswa baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Berkaitan dengan hal tersebut sikap empati peserta didik dalam proses pembelajaran maupun dalam proses kehidupan sosial peserta didik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah sehingga hal tersebut perlu dipantau secara teliti oleh guru agar dapat ditangani oleh guru secara efektif dan efisien. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk quasi experiment. Bentuk quasi experimental design dalam penelitian ini adalah non- equivalent kontrol group desain, dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian design 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini berfokus pada keefektipan pendekatan cognitive behavioral therapy dengan teknik bibliotherapy untuk meningkatkan sikap empati peserta didik dengan menggunakan angket sebagai pengumpul data. Hasil kelas ekperimen pretest memperoleh skor 250 dengan mean 50, sedangkan kelas kontrol memperoleh skor 237 dengan mean 47,4. Sedangkan setelah melakukan postest kelas eksperimen memperoleh skor 384 dengan mean 76,8, kelas kontrol memperoleh skor 333 dengan mean 66,6. Meskipun keduanya mengalami kenaikan tetapi mean kelas eksperiment lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Dapat dikatan bahwa hasil dari nilai z pada kelas eksperimen lebih besar dibandikan dengan kelas kontrol yaitu -2,060 ˃ -2,023. Sehingga pendekatan cognitive behavioral therapy dengan teknik Bibliotherapy efektif untuk meningkatkan sikap empati peserta didik di MTs Nsegeri 2 Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Apr 2021 03:10
Last Modified: 09 Apr 2021 03:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13691

Actions (login required)

View Item View Item