PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM AL-HIKMAH ISTIQOMAH BUAY BAHUGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SEPTIANA, NURUL FAJRIAH (2021) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM AL-HIKMAH ISTIQOMAH BUAY BAHUGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Percaya diri merupakan percaya pada kemampuan, kekuatan dan penilaian diri sendiri. Dalam proses pembelajaran percaya diri sangatlah penting, ketika peserta didik memiliki percaya diri yang kurang baik maka proses dalam mengikuti pembelajaran peserta didik juga akan terganggu. Masalah percaya diri yang terlihat pada peserta didik di SMP Islam Al-Hikmah Istiqomah Buay Bahuga yaitu kurang aktif dalam proses pembelajaran di kelas, ketika diajukan pertanyaan banyak peserta didik yang tidak menjawab, kemudian tidak banyak peserta didik yang bertanya tentang materi yang telah diberikan. Sehingga perlu upaya untuk meningkatkan percaya diri peserta didik menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran percaya diri peserta didik dan untuk mengetahui bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming berpengaruh dalam meningkatkan percaya diri peserta didik di SMP Islam Al-Hikmah Istiqomah Buay Bahuga. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk pre-eksperiment design dengan desain yang digunakan adalah bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian berjumlah 12 peserta didik kelas VIII A di SMP Islam Al-Hikmah Istiqomah Buay Bahuga tahun pelajaran 2020/2021 yang memiliki kategori percaya diri sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket percaya diri. Hasil yang diperoleh menunjukkan kenaikan yang signifikan setelah pemberian bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming. Hal ini diketahui bahwa z adalah -3,061 dengan nilai mean pada pretest 97,50 nilai minimum 97 dan maximum 114. Setelah melakukan posttest hasilnya mengalami peningkatan yaitu dengan mean posttest 120,75 nilai minimum 114 dan maximum 127. Dengan demikian percaya diri peserta didik kelas VIII A kelompok eksperimen mengalami peningkatan setelah dilakukan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Apr 2021 07:35
Last Modified: 08 Apr 2021 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13682

Actions (login required)

View Item View Item