PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

MUNDAIYAH, MUNDAIYAH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Dengan Teknik Kancing Gemerincing Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Oleh : Mundaiyah Pendidikan yang berkualitas baik akan menciptakan generasi baik pula sehingga kehidupan bangsa dan Negara menjadi lebih baik. Namun, berdasarkan hasil observasi berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing dengan dipadukan teknik kancing gemerincing terhadap kemampuan berpikir kreatif serta untuk mengetahui interaksi antara model dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis quasi ekperiment design. Populasi padapenelitian ini yaitu kelas X Farmasi sebagai kelas eksperimen menggunakan model problem posing dengan teknik kancing gemerincing dan kelas X TKR sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dilanjut dengan uji hipotesis yaitu menggunakan ANAVA dua jalan sel tak sama dan uji lanjut menggunakan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe’. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Fa ditolak, Fb ditolak, dan Fab diterima. Berdasarkan kajian teori dan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran problem posing dengan teknik kancing gemerincing dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. (2) Terdapat pengaruh gaya belajar peserta didik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Kata kunci : Gaya Belajar Peserta Didik, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Metode Ceramah, dan Model Problem Posing dengan Teknik KancingGemerincing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Apr 2021 04:21
Last Modified: 08 Apr 2021 04:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13676

Actions (login required)

View Item View Item