PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA PERUSAHAAN PERBANKAN DI INDONESIA (Studi Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018 )

IRMA, YANNA ANADYA (2021) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA PERUSAHAAN PERBANKAN DI INDONESIA (Studi Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018 ). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen laba adalah intervensi yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak manajemen dalam proses penentuan laba, dan biasanya dilakukan untuk tujuan pribadi. Manajemen laba terjadi ketika manajer menggunakan judgment dalam laporan keuangan suatu perusahaan dan penyusunan transaksi (misalnya mengubah metode pencatatan transaksi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan (size) dan leverage terhadap manajemen laba pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah manajemen laba, sedangkan variabel independen adalah ukuran perusahaan dan leverage. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan (Annual Report). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 23 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016-2018 sehingga jumlah sampel data yang digunakan 69 laporan keuangan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Regresi Linier Berganda. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah program SPSS Versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan semakin besar ukuran perusahaan akan berdampak pada menurunnya atau berkurangnya tindakan manajemen laba dan seberapapun besarnya leverage tidak berdampak pada meningkat atau menurunnya manajemen laba. Kata kunci: Ukuran Perusahaan, Leverage, Manajemen Laba

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Apr 2021 03:13
Last Modified: 08 Apr 2021 03:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13672

Actions (login required)

View Item View Item