IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PEER LED GUIDED INQUIRY (PLGI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA

SITI, JUARIAH (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PEER LED GUIDED INQUIRY (PLGI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI full siti juariyah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1,2,  Dapus siti juariyah.pdf] PDF
Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PEER LEAD GUIDED INQUIRY (PLGI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA Oleh: SITI JUARIAH Kemampuan pemecahan masalah adalah suatu proses mencari jalan keluar dari kesulitan, sebagai proses menerima masalah kemudian menyelesaikan masalah dengan menggunakan bekal pengetahuan yang sudah dimiliki. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan numerik peserta didik MTs Hidayatul Mubtadiin Lampung Selatan masih rendah, hal ini terlihat dari ulangan harian tahun ajaran 2019/2020 peserta didik memperoleh nilai diatas (KKM) dengan nilai . Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran Peer Lead Guided Inquiry (PLGI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Peer Lead Guided Inquiry (PLGI) terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari kecerdasan logis matematis siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial . Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Hidayatul Mubtadiin Lampung Selatan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Non Probability Sampling dengan sampel jenuh dengan materi kubus dan balok. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan tes kecerdasan logis matematis siswa. Analisis data penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, dengan taraf signifikan diperoleh sehingga ditolak, sehingga ditolak, sehingga diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh antara model pembelajaran Peer Lead Guided Inquiry (PLGI) dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah, (2) terdapat pengaruh antara peserta didik yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan pemecahan masalah, (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Peer Lead Guided Inquiry (PLGI) dan kecerdasan logis matematis siswa tingkat tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan pemecahan masalah. Kata Kunci: Model Peer Lead Guided Inquiry, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Kecerdasan Logis Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Apr 2021 02:57
Last Modified: 08 Apr 2021 02:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13671

Actions (login required)

View Item View Item