EKSPERIMENTASI TEKNIK TIME OUT UNTUK MENGURANGI PERILAKU MENGGANGGU SAAT PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DI TAMAN PENDIDIKAN QURAN DARUL FAROH SIDOSARI LAMPUNG SELATAN

ELLA, SAFITRI (2021) EKSPERIMENTASI TEKNIK TIME OUT UNTUK MENGURANGI PERILAKU MENGGANGGU SAAT PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DI TAMAN PENDIDIKAN QURAN DARUL FAROH SIDOSARI LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI ELLA SAFITRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 1,2 DAN DAPUS.pdf] PDF
Download (586kB)

Abstract

ABSTRAK EKSPERIMENTASI TEKNIK TIME OUT UNTUK MENGURANGI PERILAKU MENGGANGGU SAAT PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DI TAMAN PENDIDIKAN QURAN DARUL FAROH SIDOSARI LAMPUNG SELATAN Oleh ELLA SAFITRI Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku mengganggu saat pembelajaran, yaitu perilaku yang dilakukan berulang kali oleh peserta didik sehingga tidak menunjang proses kegiatan belajar. Adanya perilaku tersebut mengakibatkan kelas menjadi tidak kondusif serta peserta didik tidak menerima materi secara maksimal. Munculnya perilaku tersebut sehingga diperlukan penelitian dengan judul eksperimetasi teknik time out untuk mengurangi perilaku mengganggu saat pembelajaran peserta didik di TPQ Darul Faroh Sidosari Lampung Selatan. Adapun tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh intervensi yang diberikan terhadap perilaku mengganggu. Penelitian yang digunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Researc (SSR). Desain peneltian yaitu A-B-A. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III Sekolah Dasar. Pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah panduan observasi digunakan pada fase baseline-1, intervensi dan fase baseline-2. Analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan antar kondisi, disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil peneltian menunjukkan teknik time out berpengaruh untuk mengurangi perilaku mengganggu saat pembelajaran peserta didik di TPQ Darul faroh Sidosari Lampung Selatan. Penurunan munculnya perilaku mengganggu ditandai dengan membandingkan data fase baseline-1 dengan baseline-2. Didukung dengan presentase overlape dari fase intervensi dan fase baseline-1 sebesar 33% sedangkan fase baseline-1 dengan fase baseline-2 sebesar 20%. Semakin kecil presentase overlape maka penerapan teknik time out semakin baik. Hasil dari analisis antar kondisi dapat diketahui terjadi penurunan munculnya perilaku mengganggu sebanyak 1 (+1) level pada fase intervensi dengan fase baseline-2. Membandingkan pada fase sebelum dan setelah intervensi baseline-1 dengan fase baseline-2 penurunan level sebanyak 3 level (+3). Dengan berkurangnya perilaku mengganggu saat pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat menerima materi secara maksimal, mengikuti proses kegiatan pembelajaran dengan baik dan kondusif, agar pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Kata kunci: Teknik Time Out, Perilaku Mengganggu saat pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Apr 2021 02:39
Last Modified: 08 Apr 2021 02:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13670

Actions (login required)

View Item View Item