PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DISERTAI MEDIA EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 14 BANDAR LAMPUNG

Tya, Anggun Sari (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DISERTAI MEDIA EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 14 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Awal - BAB II daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DISERTAI MEDIA EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG Berdasarkan masalah yang terjadi dilapangan pada proses pembelajaran belum pernah melatihkan kemampuan berpikir kreatif dari peserta didik. Pembelajaran yang terjadi dikelas masih bersifat pembelajaran secara langsung (Direct Intruction). Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik, 2) untuk mengetahui seberapa besar kontribusi model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian uji t-independent menunjukkan bahwa nilai Sig (2- tailed) 0,00< (0,05), maka 0 ditolak dan 1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi ekologi Tahun Pelajaran 2019/2020. Berdasarkan uji koefisien determinasi kelas eksperimen dengan model pembalajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kreatif berkonstribusi sebesar 72 % dan yang menyebabkan tidak 28 % berkonstribusi adalah saat pembelajaran berlangsung peserta didik kurang kondusif saat proses belajar mengajar melalui kegiatan pratikum, ada juga sebagian peserta didik mengobrol dengan teman sekelompoknya, keterbatasan yang minim saat proses pembelajaran berlangsung, peserta didik belum terbiasakan sama soal kemampuan berpikir kreatif dikarenakan prosesnya belajar sebelumnya belum pernah diukur kemampuan berpikir kreatif tersebut. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Apr 2021 04:10
Last Modified: 07 Apr 2021 04:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13663

Actions (login required)

View Item View Item