PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN

ISTI, MUDRIKAH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI ISTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra survey di SMP Negeri 1 Labuhan Ratu diketahui bahwa berpikir kritis matematis peserta didik masih rendah. Hal tersebut diketahui karena terdapat beberapa indikator dari kemampuan berpikir kritis matematis yang belum dikuasai peserta didik, terlihat dari cara peserta didik mengerjakan soal, yakni beberapa peserta didik langsung menjawab pertanyaan tanpa menuliskan apa yang diketahui dan ditanya pada soal. Peserta didik tidak mengoreksi kembali jawaban mereka setelah selesai menjawab soal dan tidak mencari alternatif jawaban lain serta tidak menyimpulkan solusi dari soal tersebut. Sekolah menggunakan model pembelajaran Direct Instruction, dimana guru menjelaskan materi lalu peserta didik diberi Latihan-latihan soal. Hal tersebut mengakibatkan pembelajaran dikelas masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Labuhan Ratu. (2) mengetahui pengaruh tipe kepribadian peserta didik terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Labuhan Ratu. (3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan tipe kepribadian terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Labuhan Ratu. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy eksperimental design dengan rancangan faktorial 2 x 4. Populasi penelitian peserta didik seluruhnya kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Ratu. Teknik pengambilan sampel secara acak dengan dua kelas sebagai sampel. teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket tipe kepribadian. Teknik analisis yang digunakan yakni analisis variansi dua jalan sel tak sama. Menurut hasil penelitian dan pembahasan hasil perhitungan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama didapat bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Labuhan Ratu. (2) tidak terdapat pengaruh tipe kepribadian peserta didik terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Labuhan Ratu. (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan tipe kepribadian terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Labuhan Ratu. Kata kunci: Model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI), Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Tipe Kepribadian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Apr 2021 03:01
Last Modified: 07 Apr 2021 03:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13660

Actions (login required)

View Item View Item