ETOS KERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM MELAKSANAKAN PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN SUKABUMI

HENGKY, ARDIANSYAH (2021) ETOS KERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM MELAKSANAKAN PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN SUKABUMI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI HENGKY ARDIANSYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK ETOS KERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM MELAKSANAKAN PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN SUKABUMI Oleh HENGKY ARDIANSYAH Etos kerja merupakan seperangkat perilaku positif dan fondasi yang mencakup motivasi yang menggerakkan mereka, karakteristik utama, spirit dasar, pikiran dasar, kode etik, kode moral, kode perilaku, sikap-sikap, aspirasi, prinsip-prinsip, dan standar-standar. Bekerja masih dianggap sebagai sesuatu yang rutin.Bahkan dianggap sebagai beban dan paksaan bagi orang yang malas,permasalahan terhadap pemahaman aparatur pemerintah Indonesia khusunya di Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui etos kerja aparatur sipil Negara pada saat melayani masyarakat dalam bidang bidang administrasi serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya pelayanan publik yang dilaksanakan di Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah field research penelitian yang dilakukan untuk mempelajari secara mendalam mengenai kualitas etos kerja aparatur dan faktor pendukung serta faktor penghambat pelaksanaan pelayanan publik. Pada penelitian ini menggunakan purposive sampling yakni teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun informan dalam penelitian ini adalah yang terdiri dari 1 Kepala Seksi Pelayanan Umum di Kecamatan Sukabumi,1 Kepala Sub Bagian Kepegawaian Kecamatan Sukabumi, 2 Staf Pelayanan Umum Kecamatan Sukabumi.Dan terdapat responden yang terdiri dari 5 orang Masyarakat Kecamatan Sukabumi. Adapun metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari indikator yang dikemukakan oleh Eko Jalu Santoso : Berintegritas, cerdas, empati, ikhlas, bekerjasama, disiplin. Berdasarkan hasil penelitian, data lapangan menunjukan bahwa etos kerja Aparatur Sipil Negara dalam melaksanakan pelayanan publik di Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung sudah menunjukkan bahwa aparatur sudah melakukan upaya untuk meningkatkan etos kerjanya namun belum maksimal terhadap kinerja Aparatur Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung. Hal ini dibuktikan masih ada beberapa indikator yang belum berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat, antara lain ketidaknyamanan tempat pelayanan termasuk sarana dan prasarana yang belum lengkap, keterampilan aparatur dalam menggunakan alat bantu dan ketidakramahan Aparatur dalam pelaksanaan pelayanan. Faktor pendukung pelaksanaan pelayanan publik adalah fasilitas alat bantu untuk memudahkan pelaksanaan proses pelayanan. Selain itu, semangat yang diberikan aparatur dari masing-masing satu sama lainnya. Sedangkan Faktor penghambatnya adalah jika alat mengalami kerusakan pada saat pelaksanaan proses pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Apr 2021 07:44
Last Modified: 06 Apr 2021 07:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13658

Actions (login required)

View Item View Item