ANALISIS JALUR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI MATRIKS

RIKKA, YULINA (2021) ANALISIS JALUR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI MATRIKS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 12 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI RIKKA YULINA OK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dua variabel laten yaitu kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemahaman konsep matematis serta keterkaitan indikator-indikator di setiap variabel laten. Indikator pada kemampuan berpikir kreatif terdiri atas 1) Kelancaran (Fluency), 2) Kerincian (Elaboration), 3)Fleksibilitas (Flexibility), 4)Orisinalitas (Originality). Indikator pada kemampuan pemahaman konsep matematis terdiri atas 1)Menyatakan Ulang Sebuah Konsep, 2)Mengklasifikasikan Objek-Objek, 3)Menerapkan Konsep, 4)Menyajikan Konsep, 5)Mengaitkan Berbagai Konsep. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 9 Bandar Lampung dengan melibatkan 58 responden yang terdiri dari kelas XI MIPA. Teknik yang digunakan dalam menganalisis dengan analisis jalur (path analysis) yang merupakan suatu teknik analisis statistika yang dikembangkan dari regresi linear berganda dan bertujuan untuk mengetahui hubungan langsung maupun tidak langsung mengenai variabel laten yang diteliti serta mengkonfirmasi kembali model yang telah dihipotesiskan dengan berbantuan SPSS dan Lisrel 8.80. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara kemampuan pemahaman konsep matematis dengan berpikir kreatif siswa pada materi matriks, namun tidak sebaliknya. Masing-masing peubah indikator memiliki hubungan ke peubah latennya itu sendiri.Hubungan terkuat dalam peubah laten kemampuan berpikir kreatif terletak pada peubah indikator ketiga (BK3) yaitu flexibility dengan koefisien 0.96 dan dalam peubah laten kemampuan pemahaman konsep matematis terletak pada peubah indikator kedua (PK2) yaitu mengklasifikasikan objek- objek dengan koefisien 1.32 serta terdapat satu peubah indikator yang tidak dapat teranalisis diduga terjadinya kombinasi linear pada peubah laten kemampuan pemahaman konsep matematis terletak pada peubah indikator kelima (PK5) yaitu mengaitkan berbagai konsep. Kata Kunci : Berpikir Kreatif, Pemahaman Konsep Matematis, Analisis Jalur

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Apr 2021 07:33
Last Modified: 06 Apr 2021 07:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13656

Actions (login required)

View Item View Item