PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING KELAS IV SD/MI

ATIKA, TRIANA (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING KELAS IV SD/MI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING KELAS IV SD/MI Oleh ATIKA TRIANA 1611100042 Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk 1). Mengetahui kelayakan bahan ajar modul berbasis contextual learning kelas IV SD/MI, 2). Mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap bahan ajar modul berbasis contextual learning kelas IV SD/MI. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengambangan 4-D (Four D). Adapun langkah pengembangan yang dilakukan oleh peneliti adalah 1). Tahap pendefinisan (define), 2). Tahap perancangan (design), 3). Tahap pengembangan (developmen), dan 4). Tahap penyebaran (disseminate) dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket dengan skala Likert untuk respon. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa serta hasil uji coba tanggapan pendidik dan peserta didik. Media yang dikembangkan diuji cobakan kepada 22 peserta didik kelas IV di SD Negeri 3 Perumnas Way Kandis Bandar Lampung, dan 15 peserta didik di MIMA 4 Sukabumi Bandar Lampung. Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata skor 87% dengan kriteria sangat valid berdasarkan aspek kesesuaian materi dengan KI dan KD, keakuratan materi, teknik penyajian, hakikat kontekstual. Validasi ahli media pada aspek desain sampul, kesesuaian isi dan teknik penyajian memperoleh skor rata-rata 80% dengan kriteria sangat valid. Validasi ahli bahasa pada aspek lugas, kesesuaian dengan tingkat perkembangan peserta didik, komunikatif, kesesuaian dengan kaidah bahasa memperoleh rata-rata skor 71% dengan kriteria valid. Respon peserta didik di SD Negeri 3 Perumnas Way Kandis Bandar Lampung pada uji coba kelompok besar memperoleh rata-rata skor 84% yang merupakan kriteria sangat menarik, sedangkan respon peserta didik di MIMA 4 Sukabumi Bandar Lampung pada uji coba kelompok kecil memperoleh rata-rata skor 79% dengan kriteria menarik. Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Contextual Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Apr 2021 04:07
Last Modified: 06 Apr 2021 04:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13647

Actions (login required)

View Item View Item