PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM BENTUK CD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI BAHASA INDONESIA PADA TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN SISWA KELAS IV SD/MI

IKA, PRATIWI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM BENTUK CD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI BAHASA INDONESIA PADA TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN SISWA KELAS IV SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM BENTUK CD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI BAHASA INDONESIA PADA TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN SISWA KELAS IV SD/MI Oleh IKA PRATIWI 1611100192 Penelitian ini dilatar belakangi media pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi berbagai pekerjaan yang dilaksanakan di sekolah dasar kurang efektif dan kurang menarik, karena media yang digunakan adalah poster (gambar tetap). Dari permasalahan yang ada dikembangkan video animasi dengan tujuan untuk (1) dapat menghasilkan produk berupa media animasi mata pelajaran bahasa indonesia materi berbagai pekerjaan. (2) mengetahui bagaimana kelayakan media animasi. (3) untuk mengetahui respo kelayakan validasi terhadap media yang dikembangkan.Jenis penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D) dengan menggunakan langkah-langkah metode penelitian dan pengembangan menurut ADDIE. Adapun tahapan dalam penelitian dan pengembangan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evalution (evaluasi). Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual dalam bentuk CD interaktif terdiri dari tiga aspek pengembangan, yaitu media, bahasa, materi. Kelayakan setelah di validasi oleh validator dari 3 tim ahli yaitu ahli media sebesar 94,23% ahli materi 84,09%, ahli bahasa sebesar 65,27% yang berarti media pembelajaran audio visual dalam bentuk CD interaktif sangat layak dan respon peserta didik sangat layak untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran SD Negeri 3 Merak Batin Natar dan MI Mathl‟ul Anwar Tanjung Senang Natar. Kata kunci: Media Pembelajaran Audio Visual CD Interaktif, ADDIE , Berbagai Pekerjaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Apr 2021 05:27
Last Modified: 05 Apr 2021 05:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13640

Actions (login required)

View Item View Item