ANALISIS JALUR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI OPERASI ALJABAR

Betha, Ria Indriani (2021) ANALISIS JALUR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI OPERASI ALJABAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Betha Ria Indriani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pada pembelajaran matematika, tidak hanya sekedar belajar tentang angka – angka dan rumus, tetapi lebih berperan penting dalam kehidupan manusia, mengajarkan bagaimana kita dapat berpikir secara logis, menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan membuat kita mampu berpikir secara kritis. Selain kemampuan berpikir kritis, aspek lain yang perlu ditekankan dalam pembelajaran matematika adalah aspek komunikasi matematis. Pentingnya komunikasi menjadi salah satu tujuan pembelajaran matematika dan menjadi salah satu standar kompetensi lulusan dalam bidang matematika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis melalui indikator dari masing-masing kemampuan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode analisis jalur (Path Analysis) dengan model Structural Equation Model (SEM) dengan berbantuan aplikasi Lisrel versi 8.80 (student). Adapun data yang digunakan adalah data primer dari skor jawaban siswa. Data akan dianalisa dengan metode analisis kuantitatif. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa tidak terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis. Namun, terdapat hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dengan kemampuan berpikir kritis pada materi operasi aljabar. Terdapat hubungan antara indikator kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan berpikir kritis dan hubungan terkuat ditunjukkan pada indikator BK2 (Assesment). Terdapat hubungan antara indikator kemampuan komunikasi matematis dengan kemampuan komunikasi matematis dan hubungan terkuat ditunjukkan pada indikator KM2 (Drawing). Kata kunci : Path Analysis, variabel laten, variabel indikator, kemampuan berpikir kritis, kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Apr 2021 05:23
Last Modified: 05 Apr 2021 05:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13639

Actions (login required)

View Item View Item