PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN BRIDGING ANALOGY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK

VERA, ANGGUN FEBRIANA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN BRIDGING ANALOGY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI VERA AF.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) menjadi objek penelitian yang menarik. Beberapa penelitian membuktikan bahwa pembelajaran CPS mampu mengatasi berbagai permasalahan dalam pembelajaran karena pembelajaran CPS melibatkan banyak aspek dalam kegiatan belajar diantaranya dapat melatih siswa untuk mengeluarkan ide atau pendapat nya dalam menyelesaikan masalah yang diberikan sehingga berdampak positif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: mengetahui pengaruh model pembelajaran creative problem solving berbantuan bridging analogy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, mengetahui pengaruh gaya belajar peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah, serta mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian ini yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen Design. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pada penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sampel yang didapat sebanyak 60 siswa (kelas eksperimen n = 30 dan kelas kontrol n = 30). Instrumen yang digunakan peneliti yaitu tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket untuk menentukan kategori gaya belajar siswa. Uji pra syarat pada penelitian ini menggunakan uji normalitas dan homogenitas, teknik analisis data menggunakan uji anava dua arah dengan sel tak sama. Hasil dari analisis dan pembahasan pada penelitian ini mengenai pengaruh model pembelajaran creative problem solving berbantuan bridging analogy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari gaya belajar peserta didik: terdapat pengaruh model pembelajaran creative problem solving berbantuan bridging analogy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Tidak terdapat pengaruh gaya belajar peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata kunci: Creative problem solving, kemampuan pemecahan masalah, gaya belajar, bridging analogy.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Apr 2021 05:19
Last Modified: 05 Apr 2021 05:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13638

Actions (login required)

View Item View Item