MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG

MERI, FADILLAH (2021) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen sarana dan prasarana adalah kegiatan proses pendayagunaan fasilitas sekolah atau sarana dan prasarana agar tujuan pendidikan di sekolah dapat tercapai secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana implementasi manajemen sarana dan prasarana pendidikan, dimana dalam penelitian ini penulis memilih SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung sebagai tempat pelaksanaan penelitian. Penelitian ini bersifat penelitian kualitatif deskriptif, dengan alat pengumpul data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung sudah mengimplementasikan manajemen sarana dan prasarana dengan baik. Dari 6 indikator sudah semua terlaksana dengan baik. Indikator yang terlaksana tersebut antara lain : 1) Dari segi perencanaan, sudah terlaksana dengan adanya analisis materi, menunjuk seseorang yang akan melakukan analisis kebutuhan, melakukan seleksi sarana prasarana sekolah, mencari atau menetapkan dana, sekolah juga menerima ususlan dari para guru dan staf dalam rapat yang diadakan untuk tahun ajaran baru. 2) Pengadaan sarana prasarana dilakukan dengan membuat daftar perencanaan pengadaan, menyusun daftar perkiraan biaya, menetapkan segala prioritas pengadaannya. Untuk pengadaannya sekolah melakukan dengan cara drooping pemerintah, membeli, menyewa, mebuat sendiri. 3) Inventarisasi sudah terlaksana dengan melakukan pencatatan dan membuat kode barang, kemudian membuat laporan data inventaris. 4) Penyimpanan sarana dan prasarana terlaksana dengan baik, dengan menyiapkan tempat penyimpanan serta menunjuk atau menugaskan personil sesuai keahliannya. 5) Pemeliharaan sudah terlaksana dengan adanya jadwal pemeliharaan harian dan berkala, serta adanya tim untuk pemeliharaan sarana prasarana sekolah. 6) Penghapusan barang apabila perlengkapan rusak tidak dapat diperbaiki lagi, mekanisme penghapusan yang dilakukan sekolah sendiri berupa penghapusan dan penghibahan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung sudah mengimplementasikan sarana dan prasarana pendidikan dengan baik. Kata kunci : Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Apr 2021 03:31
Last Modified: 05 Apr 2021 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13628

Actions (login required)

View Item View Item