PENGEMBANGAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SD/MI

Citra, Wulan Sari (2021) PENGEMBANGAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (28MB)
[thumbnail of SKRIPSI  FULL CITRA WULAN SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan kefektifan model media pembelajaran crossword puzzle gambar dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik disekolah. Penelitian ini merupakan research and development (R & D) mengikuti persedur prosedur pengembangan Robert Maribe Branch. Subjek penelitian dilakukan pada peserta didik kelas IV MIN 1 Bandar Lampung. Data yang dikumpulkan berupa respon validator, guru serta peserta didik mengenai pengembangan media crossword puzzle gambar, nilai hasil pretest dan posttest, hasil angket motivasi peserta didik. Data kelayakan dan kepraktisan diperoleh dari hasil penilaian validator, guru, peserta didik. Data keefektifan menggunakan hasil pretest dan posttest, aktivitas guru dan peserta didik. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif maupun dalam bentuk perhitungan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: (1) prototype model pembelajaran yang dihasilkan berupa MCPG dengan komponen : (a) sampul depan,(b) identitas buku, (c) kata pengantar, (d) petunjuk buku, (e) daftar isi, (f) halaman awal sub pembelajaran, (g) soal-soal bergambar, (h) daftar pustaka, (i) kunci jawaban, (j) biodata penulis. (2) Kualitas kelayakan model pada semua aspek isi, desain, dan media berkategori sangat baik menurut ahli dan praktisi.(3) model pembelajaran MCPG efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar motivasi belajar peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini menunjukkan bahwa model MCPG sebagai acuan untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik sekolah dasar di MIN 1 Bandar Lampung. Oleh karena itu, guru harus tetap berperan sebagai inovator dalam mengelola proses pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi serta kebiasaan dan pengetahuan siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Apr 2021 04:58
Last Modified: 01 Apr 2021 04:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13624

Actions (login required)

View Item View Item