strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah di bmt adzkiya khidmatul ummah aku pasar baru kec. kedondong kabupaten pesawaran

SITI, MASITOH (2021) strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah di bmt adzkiya khidmatul ummah aku pasar baru kec. kedondong kabupaten pesawaran. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI SITI MASITOH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI SITI MASITOH.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring perkembangan perekonomian di Indonesia, tentu menuntut lembaga keuangan syariah dapat lebih kreatif dan inovatif. Hal itu dimaksudkan agar lembaga keuangan termasuk BMT dapat mempertahankan eksistensi dalam persaingan bisnis yang semakin kompetitif, salahsatunya adalah melalui strategi pemasaran yang tepat. Berdasarkan fakta dan data dilapangan, bahwa BMT Adzkiya mengalami kesulitan dalam menarik nasabah. Tentu dalam hal ini kedudukan strategi pemasaran sangat penting dalam usaha meningkatkan jumlah nasabah dan perkembangan BMT. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka rumusan masalah yang diajukan adalah 1). Bagaimana strategi pemasaran BMT Adzkiya dalam meningkatkan jumlah nasabah, dan 2). Bagaimana faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan strategi pemasaran di BMT Adzkiya Khidmatul Ummah (AKU) Pasar Baru Kec. Kedondong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; Strategi pemasaran yang diimplementasikan BMT Adzkiya Khidmatul Ummah (AKU) dalam meningkatkan jumlah nasabah, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan strategi pemasaran di BMT Adzkiya Khidmatul Ummah (AKU) Pasar Baru Kec. Kedondong. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini adalah menggunakan triangulasi sumber. Adapun subjek pada penelitian ini adalah manajer, teller, dan staff marketing BMT Adzkiya Khidmatul Ummah (AKU). Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis, maka dapat disimpulkan bahwa; 1). Strategi pemasaran yang dilakukan BMT Adzkiya Khidmatul Ummah (AKU) Pasar Baru Kec. Kedondong dalam meningkatkan jumlah nasabah sudah baik, karena telah dilakukan secara sistematis melalui 4 (empat) tahapan yaitu segmenting, targeting, positioning, dan bauran pemasaran (marketing mix). Dalam pelaksaan strategi pemasaran di BMT Adzkiya, terdapat faktor pendukung dan pengambat. Adapun faktor pendukung terdiri dari 5 (lima) hal yaitu; Pemberian pelayanan terbaik kepada nasabah, lokasi kantor yang strategis, sumber daya manusia yang berkualitas, sistem syariah yang menjadi pilihan masyarakat dan segmentasi pasar yang luas. Selanjutnya, yang menjadi faktor penghambat terdiri dari 5 (lima) hal yaitu; Biaya untuk promosi yang minim, kurangnya inovasi dari BMT terhadap produknya, masih menggunakan media promosi yang konvensional, tingkat persaingan bisnis, dan BMT lebih terfokus pada baitul tamwil dibandingkan baitul maal. Kata Kunci : strategi pemasaran, jumlah nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Apr 2021 03:45
Last Modified: 01 Apr 2021 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13620

Actions (login required)

View Item View Item