EVALUASI PENGEMBANGAN PROGRAM KURIKULUM KULLIYATUL MU’ALLIMIN AL ISLAMIYYAH (KMI) DI PONDOK PESANTREN AL FURQON TULANG BAWANG BARAT LAMPUNG

ANANG, RUSDIANSYAH (2021) EVALUASI PENGEMBANGAN PROGRAM KURIKULUM KULLIYATUL MU’ALLIMIN AL ISLAMIYYAH (KMI) DI PONDOK PESANTREN AL FURQON TULANG BAWANG BARAT LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (2MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Evaluasi Pengembangan Program Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin al Islamiyyah (KMI) Di Pondok Pesantren Al Furqon Tulang Bawang Barat Lampung Oleh : ANANG RUSDIANSYAH Penelitian ini berjudul “Evaluasi Pengembangan Program Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin al Islamiyyah (KMI) Di Pondok Pesantren Al Furqon Tulang Bawang Barat Lampung” yang menggunakan kurikulum tersebut sejak tahun 1990 namun telah melakukan pengembangan dengan melakukan beberapa penyesuaian dengan mempertimbangkan beberapa aspek. Evaluasi pelaksanaan kurikulum Kulliyatul Mu’allimin al Islamiyyah (KMI) ini menggunakan model evaluasi CIPP, yaitu melihat pelaksanaan pengembangan kurikulum Kulliyatul Mu’allimin al Islamiyyah (KMI) dari Context, Input, Process dan Product. Standar penilaian evaluasi disusun dari sumber pelaksana kurikulum tersebut yaitu Pondok Pesantren Darussalam Gontor Jawa Timur. Adapun untuk mendapatkan gambaran lain tentang pelaksanaan kurikulum KMI diambil dari pondok-pondok cabang Gontor yang juga menggunakan kurikulum tersebut. Peneliti menggali berbagai informasi tentang pelaksanaan pengembangan kurikulum Kulliyatul Mu’allimin al Islamiyyah (KMI) di Pondok Pesantren Al Furqon Tulang Bawang Barat Lampung untuk mendapat gambaran lengkap tentang kebutuhan evaluasi pengembangan kurikulum tersebut. Sumber data penelitian terdiri dari : Pengasuh/Pimpinan Pondok Pesantren, Direktur dan Wakil Direktur KMI, Tenaga Pendidik/Dewan Asatidz, Peserta Didik/Santri, dan Stake Holder yang terkait erat dengan pelaksaan program pendidikan dan pengajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumen. Keabsahan temuan dicek melalui triangulasi data. Hasil penilaian disajikan dalam bentuk prosentase. Aspek konteks sudah dilakukan identifikasi tentang standar pelaksanaan kurikulum Kulliyatul Mu’allimin al Islamiyyah (KMI), termasuk dari pondok- pondok cabang Gontor baik putra maupun putri yang saat ini banyak tersebar di seluruh nusantara. Dan sebagai salah satu bentuk pengembangan kurikulum tersebut pondok pesantren Al Furqon juga mengadopsi muatan kurikulum Kementerian Agama (Kurikulum Nasional) seiring dengan dibukanya program pendidikan formal (Tsanawiyah dan Aliyah). Beberapa mata pelajaran dikembangkang menyesuaikan dengan tingkat kemampuan peserta didik/santri. Muatan yang ada juga mengakomodir kebutuhan masyarakat saat ini yang majemuk. iiAspek input difokuskan pada calon peserta didik/santri dan tenaga pendidik/asatidz, juga beberapa hal yang menunjang keberhasilan proses pendidikan dan pengajaran. Kelemahan terletak pada pada aspek calon peserta didik/santri dan tenaga pendidik/asatidz yang belum memenuhi standar sehingga mempersulit proses pelaksanaan kurikulum KMI. Aspek proses sudah sesuai dengan standar pelaksaan kurikulum Kulliyatul Mu’allimin al Islamiyyah (KMI) namun belum mampu mencapai hasil maksimal sesuai dengan tujuan program kurikulum KMI. Evaluasi yang dilakukan tidak dapat ditindaklanjuti secara optimal terkendala lemahnya sumberdaya input terutama peserta didik/santri dan tenaga pendidik/asatidz. Aspek produk telah dilakukan evaluasi namun tidak berkelanjutan atau berkesinambungan. Belum ditemukan adanya perencanaan evaluasi karena keterbatasan sumberdaya yang ada di pondok pesantren Al Furqon. Evaluasi yang dilakukan oleh team kurikulum juga belum menyeluruh, dan tidak menggunakan model evaluasi CIPP sehingga banyak permasalahan yang tidak terinventarisir.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Mar 2021 07:09
Last Modified: 31 Mar 2021 07:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13617

Actions (login required)

View Item View Item