MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN MEMBATIK JUMPUTAN DI PAUD DORI SRI MENANTI WAY KANAN

DENI, OKTAVIANI (2021) MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN MEMBATIK JUMPUTAN DI PAUD DORI SRI MENANTI WAY KANAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (12MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL DENI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan kreativitas sangatlah dibutuhkan untuk anak usia dini, karena akan menciptakan pengalaman – pengalaman dan juga ide – ide yang baru yang mereka temui serta menumbuhkan sikap dan rasa percaya diri untuk perkembangan anak secara optimal. Salah satu metode yang digunakan untuk mengembangkan kreativitas anak yaitu melalui kegiatan membatik jumputan. Yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak melalui kegiatan membatik jumputan di Paud Dori Sri Menanti Way Kanan Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif Kualitatif dan melibatkan 14 orang anak, yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Dari pengamatan yang telah peneliti lakukan terdapat 4 anak yang mulai berkembang 2 anak yang belum berkemban dan 8 anak yang lainnya sudah berkembang sesuai harapan. Data yang dikumpulkan yaitu melalui observasi, wawancara,dan dokumentasi dan kemudian data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan tehnik pengumpulan data, reduksi data, disply data, dan penarikan kesimpulan. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan membatik jumputan dapat berkembang secara optimal. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa dengan melakukan kegitan membatik jumputan dapat dijadikan salah satu alternatif untuk mengembangkan kreativitas anak dengan menggunakan langkah-langkah yaitu: a) persiapan dimulai dengan guru menjelaskan langkah-langkah dalam membatik dan kemudian mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan, b) pelaksanaan, pada pelaksanaan guru terlebih dahulu menjelaskan dan memberikan contoh kepada anak,c) mengamati proses kerja anak, guru mengamati apakah anak bias memahami dan melakukan sesaui dengan yang diajarkanoleh guru,d) guru memberi nilai pada anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Mar 2021 06:22
Last Modified: 31 Mar 2021 06:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13608

Actions (login required)

View Item View Item