ANALISIS PELAYANAN PRIMA TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Konter Layanan Priority Bank Syariah Mandiri Area Lampung)

Pratama, Robyyanto (2021) ANALISIS PELAYANAN PRIMA TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Konter Layanan Priority Bank Syariah Mandiri Area Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Era globalisasi saat ini persaingan bisnis menjadi sangat tajam, baik di pasar domestik maupun di pasar internasional/global. Untuk memenangkan persaingan, perusahaan harus mampu memberikan kepuasan kepada para pelanggannya. Bank Syariah Mandiri mengembangkan pelayanan prima guna menjaga nasabah tidak beralih ke Bank lain, yaitu nasabah yang memiliki kontribusi lebih besar dari pada nasabah lain, nasabah ini diberikan pelayanan yang berbeda dengan nasabah deposan lainnya, selain itu nasabah prima cenderung mempercayakan keuangannya hanya pada seorang petugas pelayanan prima. Pelayanan prima yang telah diberikan, diharapkan memberikan kepuasan pada nasabah maka untuk mengetahui dan menjelaskan kualitas pelayanan adalah dengan mengukur kepuasan nasabah atas suatu pelayanan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaku pelayanan prima terhadap kepuasan nasabah pada Konter Layanan Priority Bank Syariah Mandiri Area Lampung, dan bagaimana pelaku pelayanan prima terhadap kepuasan nasabah dalam perspektif ekonomi Islam pada Konter Layanan Priority Bank Syariah Mandiri Area Lampung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deduktif, jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, adapun dilihat dari sifat penelitian, penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Konter Layanan Priority Bank Syariah Mandiri Area Lampung. Prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu peneliti menelaah dan mengamati objek penelitian kemudian mendeskripsikan dan menganalisis mengenai data yang terkumpul dengan apa adanya dan kemudian disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan prima pada Konter Layanan Priority Bank Syariah Mandiri Area Lampung telah memberikan kepuasan kepada para nasabah, hal ini dibuktikan dengan bertambahnya jumlah nasabah pada Konter Layanan Priority Bank Syariah Mandiri Area Lampung setiap tahunnya, yaitu: pada tahun 2016 berjumlah 12 orang, pada tahun 2017 berjumlah 24 orang, pada tahun 2018 berjumlah 30 orang, kemudian tahun 2019 berjumlah 45 orang. Pelayanan prima Konter Layanan Priority Bank Syariah Mandiri Area Lampung menunjukkan bahwa telah sejalan dengan Al- Qur’an Surat Ali Imran ayat 159 yaitu memberikan sikap lemah lembut, dan kepuasan nasabah sejalan dengan Al Qur’an surat An-Nahl ayat 114 dan Al-A’raf ayat 31 yaitu membentuk kemaslahatan sesama, menjalin tali silaturahmi yang baik, tidak menimbulkan kebencian kepada seseorang, dan dapat saling membantu. Kata kunci : Pelayanan Prima, Kepuasan Nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Mar 2021 03:49
Last Modified: 31 Mar 2021 03:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13600

Actions (login required)

View Item View Item