ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS X MENGGUNAKAN ASESMEN PETA KONSEP PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI DI BANDAR LAMPUNG

OKTALIA, SILVIANI (2021) ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS X MENGGUNAKAN ASESMEN PETA KONSEP PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI DI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI OKTALIA SILVIANI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of OKTALIA SILVIANI BAB 1,2, DAPUS.pdf] PDF
Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS X MENGGUNAKAN ASESMEN PETA KONSEP PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI DI BANDAR LAMPUNG Oleh Oktalia Silviani Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang didalamnya terdapat hubungan interaksi peserta didik, pendidik dan sumber belajar dalam lingkungan belajar. Pemahaman konsep sangat ditekankan dalam pembelajaran sains seperti Biologi, peserta didik dituntut untuk memahami serta menghayati bagaimana setiap konsep diperoleh serta hubungannya dengan konsep selanjutnya, proses pembelajaran demikian akan terwujud dengan kurikulum 2013 dengan pedoman belajar mengamati, bertanya, menghubungkan dan mengkomunikasikan konsep. Masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam memahami konsep materi biologi serta memiliki minat belajar yang rendah, sehingga kesulitan dalam menghubungkan prakonsepsi dengan informasi baru yang diperoleh, peserta didik yang mengalami kesulitan belajar akan terhambat dalam pemahaman konsep serta berpengaruh pada pemaham konsep selanjutnya. Hal ini menjadi pemicu terjadinya (miskonsepsi). Penelitian bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi peserta didik kelas X menggunakan asesmen peta konsep pada mata pelajaran Biologi SMA Negeri di Bandar lampung. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif. Pengambilan sampel sekolah menggunakan tektik Purposive sampling, sedangkan untuk pengambilan sampel peserta didik menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan pedoman wawancara, observasi, task dan rubrik serta dokumentasi. Data dianalisis dengan stastistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif, hasil menunjukkan bahwa rata-rata peta konsep dalam kriteria sedang, rata-rata miskonsepsi yang dialami peserta didik adalah 5,83% dan tidak paham konsep 3,88% sehingga rata-rata peserta didik yang paham konsep 35,76%. Adapun konsep dengan persentase miskonsepsi terbesar adalah pada konsep cara reproduksi jamur subkonsep spora seksual (44,44%), kemudian subkonsep aseksual (41,67%) dan konsep klasifikasi dengan persentase (27,78%.). Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa peta konsep efektif digunakan untuk mengetahui miskonsepsi peserta didik pada konsep materi Fungi kelas X. Kata Kunci : Miskonsepsi, Asesmen, Peta Konsep dan Pembelajaran Biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Mar 2021 03:18
Last Modified: 31 Mar 2021 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13599

Actions (login required)

View Item View Item