TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK PEMOTONGAN DANA HASIL PENDAPATAN PENJUALAN BARANG BEKAS DARI DONASI (Studi Kasus Pada Komunitas Ketimbang Ngemis Lampung)

ZIKRUL, HASAN (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK PEMOTONGAN DANA HASIL PENDAPATAN PENJUALAN BARANG BEKAS DARI DONASI (Studi Kasus Pada Komunitas Ketimbang Ngemis Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Setiap hari minggu, Ketimbang Ngemis Lampung mengadakan kegiatan menjual barang bekas dari donasi yang disebut garage sale dengan harga yang disesuaikan dengan kualitas barang bekas yang dijual tersebut. Kualitas barang yang masih bagus dijual dengan harga kisaran Rp.10.000-Rp.25.000, sedangkan barang bekas yang kualitasnya di bawah rata-rata dijual dengan harga Rp.10.000- Rp.20.000. Kegiatan garage sale diadakan di Tugu Adipura dari pukul 06.00 WIB-09.00 WIB. Keuntungan pendapatan dari hasil penjualan barang bekas tersebut setiap minggunya tidak tentu namun rata-rata Rp.500.000. Kemudian yang menjadi permasalahan, dari hasil penjualan keseluruhan tersebut diambil dan disisihkan Rp.100.000 untuk biaya operasional kegiatan komunitas, sehingga hasil dari penjualan barang bekas tidak di donasikan seluruhnya melainkan ada potongan yang digunakan untuk keperluan komunitas. Rumusan Masalah dari penelitian ini yakni bagaimana praktik pemotongan dana dari hasil pendapatan penjualan barang bekas dari donasi oleh komunitas Ketimbang Ngemis Lampung? serta bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik pemotongan dana hasil pendapatan penjualan barang bekas dari donasi oleh komunitas Ketimbang Ngemis Lampung?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui praktik pemotongan dana hasil pendapatan penjualan barang bekas dari donasi yang dilakukan oleh komunitas Ketimbang Ngemis Lampung dan tinjauan dari hukum Islam mengenai hal tersebut. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reaserch). Sifat penelitian ini termasuk penelitian bersifat deskriptif analisis yakni mendeskripsikan tentang bagaimana praktik pemotongan dana dari hasil penjualan barang bekas dari donasi yang ditinjau dari hukum Islam. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Pertama, praktik pemotongan dana dari hasil penjualan barang bekas dari donasi dalam hal ini pada kegiatan garage sale oleh Ketimbang Ngemis Lampung, yaitu penyisihan untuk biaya operasional komunitas demi menunjang sarana dan prasaran agar kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh komunitas berjalan dengan baik. Dari hasil penjualan pada kegiatan garage sale hanya diambil sebagian kecil keuntungan saja yaitu Rp. 100.000 untuk operasional dan sisa seluruhnya dari hasil penjualan untuk donasi kepada sosok mulia. Kedua, berdasarkan pandangan hukum Islam, transaksi penjualan dan keuntungan yang didapatkan dari hasil penjualan barang bekas pada kegiatan garage sale dapat dikatakan sesuai dengan ketentuan syariat karena telah memenuhi unsur ‘iwad dan tidak termasuk kedalam kategori riba. Praktik pemotongan dana ataupun pengambilan keuntungan untuk operasional komunitas dari hasil penjualan barang bekas dari donasi merupakan bentuk dari penunjang sarana dan prasana agar aktifitas dan kegiatan-kegiatan sosial dapat berjalan dengan baik tanpa terhambat oleh kurangnya dana operasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Mar 2021 06:59
Last Modified: 30 Mar 2021 06:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13595

Actions (login required)

View Item View Item