LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI ISLAMI BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) ISLAM TERPADU BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG

EDI, SETIAWAN (2021) LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI ISLAMI BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) ISLAM TERPADU BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skipsi EDI SETIAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of skripsi 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Layanan bimbingan pribadi Islami adalah salah satu kegiatan layanan bimbingan untuk siswa agar dapat mengembangkan pribadi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, mantap dan mandiri serta sehat jasmani dan rohani mandiri serta mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki sesuai dengan ajaran agama Islam. Bimbingan tersebut berupa bantuan dibidang ajaran agama Islam dengan maksud agar orang yang dibimbing mampu mengembangkan pribadi sehingga menjadi pribadi yang mandiri yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode layanan bimbingan pribadi Islami, materi bimbingan pribadi Islami dan penerapan program bimbingan pribadi Islami bagi anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (SLB) Islam Terpadu Baitul Jannah Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu jenis penelitian lapangan (field research) sifat penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seorang kepala sekolah, 16 guru prmbimbing dan siswa dan siswi yang berjumlah 34 orang dengan demikian jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 51 orang. Jenis sampel yang digunakan adalah purposive sampling dimana peneliti mempunyai pertimbanganpertimbangan tertentu dalam penentuan sampel, maka sampel dalam penelitian ini adalah seorang guru pembimbing pribadi Islami dan 3 siswa anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap pembimbing pribadi Islami. Observasi dilakukan terhadap bimbingan pribadi Islami yang digunakan dan penerapan layanan bimbingan pribadi Islami di Sekolah Luar Biasa (SLB) Islam Terpadu Baitul Jannah Bandar Lampung. Dokumentasi foto kegiatan bimbingan pribadi islami. Data primer diperoleh langsung dari pembimbing pribadi Islami dan data sekunder diperoleh dari yang ada di sekolah Luar Biasa (SLB) Islam Terpadu Baitul Jannah Bandar Lampung. Dari hasil penelitian yang ada dilapangan bimbingan pribadi Islami sudah cukup berjalann dengan baik bimbingan pribadi Islami dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Islam Terpadu Baitul Jannah Bandar Lampung yang dilakukan Pembimbing Pribadi Islami. Penerapan Bimbingan Pribadi Islami dengan metode,penyampaian materi dan program bimbingan. Metode Bibingan Pribadi Islami adalah metode Nasihat dan metode Teladan. Materi bimbingan pribadi Islami adalah Aqidah, Ibadah, dan Akhlak. Program bimbingan pribadi Islami adalah bimbingan membaca doa, bimbingan nmembaca Al-Qur‟an, bimbingan Sholat dan bimbingan wudhu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Mar 2021 06:33
Last Modified: 12 Apr 2021 04:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13591

Actions (login required)

View Item View Item