ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA PRODUK CICIL EMAS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH (Studi Kasus Pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Teluk Betung Bandar Lampung)

Purwati, Sri (2017) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA PRODUK CICIL EMAS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH (Studi Kasus Pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Teluk Betung Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Purwati.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Di Indonesia perkembangan perbankan syariah semakin meningkat, hal ini menyebabkan persaingan pasar yang sangat tajam. Terjadinya persaingan antar bank menumbuhkan keharusan Bank Syariah Mandiri untuk berinovasi produk, seperti pembiayaan murabahah dengan produk cicil emas. Untuk menjaga keberlangsungan produknya, BSM harus menerapkan strategi pemasaran yang tepat sasaran. Strategi pemasaran ini dimaksudkan agar masyarakat mengetahui dan mengenal produk, agar mengingat karena masyarakat kurang memahami produk cicil emas. Oleh karena itu, sangat diperlukan pemasaran yang baik dan sesuai dengan nilai-nilai pemasaran dalam Islam, khususnya Bank Syariah Mandiri guna meningkatkan jumlah nasabah. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: bagaimana strategi pemasaran pembiayaan murabahah pada produk cicil emas dalam meningkatkan jumlah nasabah dan bagaiamana analisis strategi pemasaran pembiayaan murabahah pada produk cicil emas di BSM KC Teluk Betung Bandar Lampung dalam perspektif ekonomi islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah dan mengetahui perspektif ekonomi Islam tentang pemasaran produk cicil emas pada BSM KC Teluk Betung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan juga menggunakan penelitian kepustakaan (library research) guna melengkapi data. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan BSM KC Teluk Betung dalam meningkatkan jumlah nasabahnya yaitu dengan pemasaran secara canvassing (silaturhami dan dilakukan dengan presentasi dengan instansi-instansi), open table (penawaran secara langsung dengan nasabah yang melakukan transaksi dengan costumer service), pemasaran dengan penawaran ke perusahaan yang menjadi rekanan BSM, penawaran kerjasama implan dengan beberapa instansi dan pengembangan bauran pemasaran seperti 4 P, product, price, place dan promotion. Dalam perspektif ekonomi Islam strategi pemasarannya yang dilakukan BSM KC Teluk Betung sudah sesuai dengan prinsip syariah dan tidak bertentangan dengan etika bisnis Islam. Untuk pengembangan bauran pemasaran yaitu 4 P, yaitu product, price, place dan promotion dalam pelaksanaannya juga tidak melanggar prinsip Islam dan sesuai etika bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 15 Sep 2017 02:38
Last Modified: 15 Sep 2017 02:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1359

Actions (login required)

View Item View Item