PENGARUH PEMBIAYAAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DAN LIKUIDITAS TERHADAP RESIKO PEMBIAYAAN PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2014-2017

M. Reza, Alghiffari (2021) PENGARUH PEMBIAYAAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DAN LIKUIDITAS TERHADAP RESIKO PEMBIAYAAN PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2014-2017. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peran yang sangat penting dalam perekonomian di Indonesia. Karena dapat mengatasi masalah pengangguran, penyerapan tenanga kerja, dan peningkatan inovasi. Sehingga dapat memberikan peluang bagi masyarakat untuk membuka usaha lainnya dan menyediakan lapangan perkerjaan. Namun yang menjadi permasalahan bagi pelaku usaha mikro adalah modal. Dalam penelitian ini Bank Syariah yang keberadaannya di harapkankan dapat membantu memberikan modal tanpa adanya masalah dalam resiko pembiayaan dalam Bank Syariah itu sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan likuiditas berpengaruh secara parsial terhadap resiko pembiayaan Perbankan Syariah di Indonesia 2014-2017? (2) Apakah pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan likuiditas berpengaruh secara simultan terhadap resiko pembiayaan Perbankan Syariah di Indonesia 2014-2017? (3) Bagaimana pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan likuiditas berpengaruh terhadap resiko pembiayaan Perbankan Syariah di Indonesia 2014-2017 dalam perspektif ekonomi Islam ? dan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan likuiditas berpengaruh secara parsial terhadap resiko pembiayaan Perbankan Syariah, apakah pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan likuiditas berpengaruh secara simultan terhadap resiko pembiayaan Perbankan Syariah dan bagaimana pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan likuiditas berpengaruh terhadap resiko pembiayaan Perbankan Syariah dalam perspektif ekonomi islam. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Bank umum Syariah di Indonesian pada tahun 2014-2017. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data yaitu dokumentasi, dokumen yang digunakan berupa laporan tahunan data yang disediakan oleh otoritas jasa keuangan di Indonesia. Hasil dari penelitian ini dapat diketaui bahwa besaran pembiayaan memiliki pengaruh terhdap risiko pembiayaan atau Non Performing Financing (NPF) dimana besaran signifikansi ialah 0,002 < 0,05. Sedangkan untuk variabel Financing to Deposit Ratio (FDR) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,776 > 0,05 yang artinya tidak memiliki pengaruh terhadap risiko pembiayaan atau Non Performing Financing (NPF) hal ini disebabkan oleh dalam pemberian pembiayaan UMKM terdapat agunan yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi nasabah UMKM yang nerupakan program oleh pemrintah, selain itu program KUR ini telah dijamin oleh BUMN penjamin pembiayaan yaitu Askrindo dan Jamkirnda sehingga tidak akan terjadi resiko pembiayaan. Kata Kunci: Likuiditas, Pembiayaan, Risiko Pembiayaan, UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Mar 2021 04:40
Last Modified: 30 Mar 2021 04:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13573

Actions (login required)

View Item View Item