IMPLEMENTASI TUGAS TATA USAHA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN DI MA NURUL FALAH TANJUNG BARU LAMPUNG SELATAN

Y U N I T A, Y U N I T A (2021) IMPLEMENTASI TUGAS TATA USAHA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN DI MA NURUL FALAH TANJUNG BARU LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Cover_BabI-II_Dapus.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam suatu lembaga pendidikan keberadaan tata usaha adalah salah satu aspek penting, selain kepala sekolah, Guru, staf, karyawan, sarana prasarana, dan lain-lain. Karena Tata usaha memiliki peran sebagai penyedia informasi dan keterangan yang penting yang diperlukan oleh sekolah mengenai kelancaran�kelancaran perkembangan suatu sekolah untuk mencapai tujuan yang sama sesuai dengan yang direncanaan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi tugas tata usaha dalam memberikan pelayanan di sekolah. Penulis melakukan penelitian di sekolah swasta yaitu MA Nurul Falah Tanjung Baru Lampung Selatan Karena meski sekolahnya merupakan sekolah swasta dan berdiri diperdesaan tetapi pelayanan yang diberikan cukup baik meski kurangnya tenaga kerja dan sarana-prasarana pendukung yang tidak memadai tetapi tetap berusaha untuk memunuhi kebutuhan pelanggan pendidikan secara maksimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan Triangulasi sumber dengan menggunakan dan menggabungkan sumber yang telah ada. Teknik Analisis Data dalam penelitian ini mengunakan data reduction, data display (penyajian data), dan Conclusion drawing/verification. Dengan subyek penelitian guru, dan staf tata usaha Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi tugas tata usaha dalam memberikan pelayanan di MA Nurul falah tanjung baru lampung selatan menunjukan bahwa masih banyak kendala dalam pelayanan yang diberikan oleh staf tata usaha. Beberapa kendala yang dihadapi oleh petugas tata usaha dalam memberikan pelayanan baik itu secara internal maupun eksternal. Kendala yang dihadapi secara internal adalah kurangnya tenaga ketatausahaan di sekolah sehingga terdapat beberapa penumpukan pekerjaan dan terlihat tidak seimbangnya pembagian tugas dan tanggung jawab. Sedangkan kendala eksternalnya adalah saat ini yang dikeluhkan oleh tenaga ketatausahaan adalah kurangnya sarana prasarana yang mendukung seperti sempitnya ruang khusus tata usaha. Solusi dari kendala-kendala tersebut dengan cara memberikan jabatan kepada personil yang benar-benar mampu mengemban tanggung jawab yang diberikan oleh pimpinan serta merenovasi pembanggunan ruangan dalam waktu dekat. Kata Kunci : tata usaha, pelayanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Mar 2021 03:37
Last Modified: 30 Mar 2021 03:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13570

Actions (login required)

View Item View Item