PENGARUH MODEL INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM LITTLE MUSLIM JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

TINA, GUSRAINI LUBIS (2021) PENGARUH MODEL INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM LITTLE MUSLIM JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan kognitif merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting untuk di kembangkan sejak dini. Namun perkembangan kognitif anak tidak akan berkembang jika tidak di latih dan di kembangkan. Anak usia dini taman kanak- kanak berapda pada tahap praoprasional kongrit 2-7 tahun dalam kemampuan kognitifnya adalah tahap persiapan kearah pengorganisasian pekerjaan yang kongkrit dimana anak mampu mempertimbangkan tentang besar besar, bentuk, warna, dan hubungan benda-benda yang di dasarkan pada interpretasi dan pengalaman, serta anak mampu untuk belajar memecahkan masalahnya sehari-hari, dan menemukan jawaban dari hukum sebab akibat, berfikir logis serta berfikir simbolok. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian ini menggunkan penelitian karena akan menacari pengaruh pre-exsperimental desain yang di pakai adalah one-group pretest- posttest design. Penelitian ini menggunakan sampel anak usia 5-6 tahun dengan satu kelompok eksperimen berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pengamatan atau observasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. uji hipotesis menggunakan uji nonparametric (wilcoxon), dan uji hipotesis (wilcoxon). hasil analisis data wilcoxon yaitu Z hitung sebesar -2.919 dan asymp sig (2tailed) sebesar 0,04. Karena nilai asymp sig (2-tailed) < a (0,05), maka tolak H0 yang berarti bahwa ada perbedaan antara rata-rata nilai pretest dan posttest. Jadi kesimpulan dari hasil analisis 2nrelated sampel dengan menggunakan uji wilcoxon yaitu ada perbedaan nilai pre-test dan post-test mengunakan metode inkuiri.maka dapat di simpulkan bahwa penelitian dengan menggunakan metode inkuiri ini terdapat pengaruh yang signifikan pada perkembangan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri di TK Islam Little Muslim Jati Agung Lampung Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Mar 2021 03:04
Last Modified: 30 Mar 2021 03:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13569

Actions (login required)

View Item View Item