EKSPERIMENTASI E-LEARNING DENGAN PENDEKATAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MATHEMATICS ANXIETY PADA MAHASISWA UIN RADEN INTAN LAMPUNG

NOVIA, RAHMAWATI (2021) EKSPERIMENTASI E-LEARNING DENGAN PENDEKATAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MATHEMATICS ANXIETY PADA MAHASISWA UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Pemahaman konsep yang baik akan mempermudah peserta didik menerimadan mengaplikasikan pada pemecahkan masalah yang sedang dihadapi. Era teknologi pemahaman konsep penting agar dapat menyesuaikan perkembangan zaman. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui eksperimentasi elearning dengan pendekatan SFAE terhadap pemahaman konsep matematis ditinjau dari mathematics anxiety pada mahasiswa UIN Raden Intan Lampung. Jenis penelitian Quasi Eksperimen. Populasi yang digunakan seluruh Mahasiswa mata kuliah Pembelajaran Matematika SMP, teknik pengambilan sampel cluster random sampling, sampel yang terdiri dari kelas kontrol dan eksperimen. Pengumpulan data diperoleh dari instrumen tes, angket mathematics anxiety, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan uji anova dua jalan menggunakan Progam R. dengan Metode analisis adalah metode liliefors untuk uji normalitas dan bartlett untuk uji homogenitas. Hasil analisis data, kedua kelompok tersebut normal dan homongen dilanjutkan uji anova dua jalan dengan bantuan Program R. Hasil hipotesis pertama tidak terdapat pengaruh e-learning moodledengan pendekatan SFAEterhadap pemahaman konsep matematis mahasiswa jurusan matematika UIN Raden Intan Lampung. Hipotesis kedua Tidak terdapat pengaruh math anxiety terhadap pemahaman konsep matematis mahasiswa jurusan matematika UIN RIL. hipotesis ketiga tidak terdapat interaksi antara pembelajaran e-learning moodle dengan pendekatan SFAE dan math anxiety tehadap pemahaman konsep matematis. Kata kunci : E-learning moodle, Model Pembelajaran SFAE, Pemahaman Konsep, Mathematics Anxiety.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Mar 2021 07:44
Last Modified: 29 Mar 2021 07:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13566

Actions (login required)

View Item View Item