PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI INVENTOR KELAS XI IPS DI SMAN 1 SEPUTIH MATARAM KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

RIZKY, FARIS SURENDA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI INVENTOR KELAS XI IPS DI SMAN 1 SEPUTIH MATARAM KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pada saat pembelajaran, guru hanya terfokus pada buku paket, serta kurangnya media dalam proses pembelajaran sehingga siswa/siswi mudah merasa bosan karena tidak ada alat bantu yang dapat meningkatkan semangat belajar serta kegiatan belajar kurang menyenangkan. Dalam demikian peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan mengembangkan media pembelajaran PAI berbasis android dengan menggunakan aplikasi Inventor kelas XI PS di SMAN 1 Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah. Tujuan penelitian dan pengembangan ini antara lain: untuk menghasilkan suatu produk berupa media PAI berbasis Android, untuk mengetahui tingkat kelayakan pengembangan media PAI pada materi Beriman kepada Kitab-Kitab Allah swt dan Berani Hidup Jujur, serta untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap media PAI berbasis Android. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini bertujuan untuk dapat menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran yang menyenangkan,sedangkan model yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model Sugiyono. Adapun hasil untuk mengetahi kualitas produk yang dikembangkan, peneliti mengujianya dengan melakukan penilaian. Penilaian tersebut terdiri dari validasi ahli materi dengan hasil perentase sebesar 80%, validasi ahli IT sebesar 79%, validasi ahli media dengan hasil persentase sebesar 80%, dan angket siswa dengan hasil persentase rata-rata sejumlah 74%. Dari ke-empat penilaian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media android yang dikembangkan berkualitas dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci : Android, Pengembangan, Inventor This research is motivated by problems during learning, the teacher only focuses on textbooks, and the lack of media in the learning process so that students easily feel bored because there are no tools that can increase the enthusiasm for learning and learning activities are less fun. In this way, the researchers tried to overcome these problems by developing Android-based PAI learning media using the Inventor application class XI PS at SMAN 1 Seputih Mataram, Central Lampung Regency. The objectives of this research and development include: to produce a product in the form of Android-based PAI media, to determine the feasibility of developing PAI media on the material of Believing in the Books of Allah Almighty and Dare to Live Honestly, and to find out students' responses to Android-based PAI media. .The research method used in this research is the method of research and development (Research and Development). This study aims to be able to produce a product in the form of ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pada saat pembelajaran, guru hanya terfokus pada buku paket, serta kurangnya media dalam proses pembelajaran sehingga siswa/siswi mudah merasa bosan karena tidak ada alat bantu yang dapat meningkatkan semangat belajar serta kegiatan belajar kurang menyenangkan. Dalam demikian peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan mengembangkan media pembelajaran PAI berbasis android dengan menggunakan aplikasi Inventor kelas XI PS di SMAN 1 Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah. Tujuan penelitian dan pengembangan ini antara lain: untuk menghasilkan suatu produk berupa media PAI berbasis Android, untuk mengetahui tingkat kelayakan pengembangan media PAI pada materi Beriman kepada Kitab-Kitab Allah swt dan Berani Hidup Jujur, serta untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap media PAI berbasis Android. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini bertujuan untuk dapat menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran yang menyenangkan,sedangkan model yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model Sugiyono. Adapun hasil untuk mengetahi kualitas produk yang dikembangkan, peneliti mengujianya dengan melakukan penilaian. Penilaian tersebut terdiri dari validasi ahli materi dengan hasil perentase sebesar 80%, validasi ahli IT sebesar 79%, validasi ahli media dengan hasil persentase sebesar 80%, dan angket siswa dengan hasil persentase rata-rata sejumlah 74%. Dari ke-empat penilaian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media android yang dikembangkan berkualitas dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci : Android, Pengembangan, Inventor ABSTRACT fun learning media, while the model used in the development of this media is the Sugiyono model. As for the results to determine the quality of the product being developed, researchers tested it by conducting an assessment. The assessment consisted of material expert validation with a percentage of 80%, IT expert validation of 79%, media expert validation with a percentage of 80%, and student questionnaires with an average percentage of 74%. From the four assessments, it is concluded that the use of android media developed is of good quality and is suitable for use as learning media. Keywords: Android, Development, Inventor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Mar 2021 07:14
Last Modified: 29 Mar 2021 07:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13560

Actions (login required)

View Item View Item