PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 WAY LUNIK PANJANG BANDAR LAMPUNG

Lia, Sari (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 WAY LUNIK PANJANG BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Lia Sari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangin belum optimalnya kemampuan numerik yang diperoleh pada peserta didik kelas V di SDN 1 Way Lunik,Panjang Bandar Lampung.Salah satu faktor rendahnya hasil kemampuan numerik siswa yaitu kurang meresponnya peserta didik dalam pembelajaran.kemampuan numerik dalam pembelajaran matematika sangat di perlukan oleh peserta didik untuk mempermudah proses belajar mengajar. Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yang sekaligus dapat melihat perkembangan kemampuan numerik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengeruh model pembelajaran Teams Games Tournamnet (TGT) terhadap kemampuan numerik matematika pada peserta didik kelas V SDN 1 Way Lunik Panjang Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperiment (Quasy Eksperimen Design). Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 1 Way Lunik,Panjang Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V B sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Untuk mengukur hasil kemampuan numerik peserta didik dilakukan tes dengan soal uraian berjumlah 10 butir soal. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Dependent Sample t – Test atau Paired sample t – Tes dengan taraf 5% diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam hipotesis jika Sig. < 0,05 (0,000 < 0,05) maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran teams games tournament terhadap kemampuan numerik peserta didik kelas V di SDN 1 Way Lunik,Panjang Bandar Lampung. Kata Kunci : Model Pembelajaran teams games tournament (TGT), Kemampuan Numerik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Mar 2021 07:07
Last Modified: 29 Mar 2021 07:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13559

Actions (login required)

View Item View Item