MATERI PENDIDIKAN FIQIH DALAM KITAB SULLAM AT-TAUFIK KARYA ABDULLAH BA’ALAWI DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs

INDRI, ASTUTI (2021) MATERI PENDIDIKAN FIQIH DALAM KITAB SULLAM AT-TAUFIK KARYA ABDULLAH BA’ALAWI DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL INDRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Setiap muslim wajib beribadah kepada Allah, Oleh karena itu setiap muslim harus mempelajari ilmu yang berkaitan dengan ibadah salah satunya yaitu ilmu fiqih. Dalam fiqih, terdapat pembahasan yang berkaitan dengan ibadah antara manusia yang berhubungan dengan Allah yang disebut dengan fiqih ibadah dan antara manusia dengan manusia yang disebut dengan fiqih muamalah. Penulis membahas bab fiqih yang terdapat dalam kitab sulam at-taufik kemudian penulis merasa tertarik melakukan penelitian tentang keterkaitannya dengan fiqih di MTs. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian library reseacrh atau penelitian kepustakaan. Data yang diperoleh bersumber dari literatur. Sumber data primernya adalah kitab sulam at-taufik dan buku paket fiqih MTs, sumber sekundernya adalah kitab-kitab dan buku yang berhubungan dengan penelitian. Adapun metode analisis data penulis menggunakan metode content analisis (analisis isi). Sedangkan teknik penyajian hasil penelitian disajikan secara deskriptif analitik. Temuan peneliti ini menunjukkan bahwa materi fiqih yang terdapat dalam kitab sulam at-taufik sangat relevan dengan mata pelajaran fiqih di MTs, jika ditinjau dari tujuannya yang menitikberatkan tercapainya kebaikan berupa kemampuan peserta didik dalam memahami pokok-pokok hukum Islam dan tata cara pelaksanaannya untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi muslim yang selalu taat menjalankan syariat Islam secara kaffah. Fiqih dalam kitab sullam at-taufik maupun fiqih di MTs, keduanya bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat mengetahui dan memahami pokok-pokok hukum Islam dalam mengatur ketentuan dan tata cara menjalankan hubungan manusia dengan Allah yang diatur dalam fiqih ibadah dan hubungan manusia dengan sesama yang diatur dalam fiqih Muamalah, peserta didik juga diharapkan dapat melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dalam melaksanakan ibadah kepada Allah dan ibadah sosial. Jika ditinjau dari isi materi yang dipaparkan, keduanya dipaparkan secara urut sesuai dengan kaidah fiqih, seperti materi pada bab awal yaitu pembahasannya tentang bersuci. Bersuci terletak pada pembahasan awal dikarenakan bersuci menjadi hal pokok seseorang sebelum melaksanakan ibadah. Jika bersuci saja tidak benar maka ibadah lain juga tidak sah seperti shalat dan membaca al-Qur‟an yang diharuskan untuk bersuci terlebih dahulu sebelum melaksanakan maupun membacanya. Dengan demikian penggunaan materi pendidikan fiqih dalam kitab sullam at-taufik sangat relevan dengan mata pelajaran fiqih di MTs dan dapat digunakan sebagai rujukan dalam pembelajaran fiqih tingkat MTs.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Mar 2021 06:53
Last Modified: 29 Mar 2021 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13556

Actions (login required)

View Item View Item