PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X TKJ 3 DI SMK AL-HUDA JATIAGUNG LAMPUNG SELATAN

AAN, SUMARNA (2021) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X TKJ 3 DI SMK AL-HUDA JATIAGUNG LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam pembelajaran guru terbiasa memakai metode konvensional yaitu ceramah, tetapi peneliti berusaha memadukan antara metode ceramah dengan strategi kreatif. Agar peserta didik dapat meningkatkan hasil belajarnya khusunya pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peserta didik dalam meningkatkan hasil nilai belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan strategi belajar Index Card Match. Metode Penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini terdiri dari semua peserta didik kelas X TKJ 3 dengan jumlah peserta didik 34 orang. Metode ini dilakukan dalam 4 tahapan yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, serta Refleksi. Metode ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dalam setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Materi yang diajarkan dalam penelitian ini adalah tentang asmaul husna, dan beriman kepada malaikat. Hasil penelitian ini cukup memuaskan. Dapat kita lihat dengan dibuktikan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II sebagai berikut : Setelah menerapkan strategi pembelajaran Index Card Match dapat kita lihat bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I yang mengalami peningkatan sebesar 64,70% dan peserta didik yang belum tuntas sebanyak 35,29%. Kemudian di siklus II hasil belajar peserta didik mengalami kenaikan yang signifikan sebanyak yakni 88,23% dan peserta didik yang belum tuntas sebanyak 11,76%. Demikian dari hasil analisa peneliti bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Index Card Match pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peneliti dapat mengambil kesimpulan berdasarkan data hasil penelitian pada BAB IV “Dengan menerapkan Strategi Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X TKJ III pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Al- Huda Jati Agung Lampung Selatan”. Kata Kunci: Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Index Card Match, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Mar 2021 06:44
Last Modified: 29 Mar 2021 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13555

Actions (login required)

View Item View Item