PERAN GURU PADA PROSES PEMBELAJARAN LURING DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK ISLAM PERKEMAS BANDAR LAMPUNG

Annisa, Nurul Fadhilah (2021) PERAN GURU PADA PROSES PEMBELAJARAN LURING DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK ISLAM PERKEMAS BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (5MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran luring atau pembelajaran tatap muka, yaitu pembelajaran yang tidak menggunakan paket data sebagai sarana dalam proses pembelajaran. Pembelajaran luring ini merupakan pembelajaran yang menggunakan lembar kerja dalam proses pembelajaran yang diberikan oleh guru kepada Anak. Pembelajaran luring ini merupakan istilah pembelajaran baru bagi Anak TK/RA karena situasi kondisi pandemi covid-19 yang mengakibatkan pembelajaran tatap muka tidak bisa dilaksanakan dengan seperti biasa.Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: “bagaimana peran guru dalam proses pembelajaran luring terhadap perkembangan sosisal emosional anak usia dini di TK Islam Perkemas Bandar Lampung?”. Merujuk pada Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 serta pendapat Ali Nugraha, mengenai penilaian aspek sosial emosional di TK/RA yang dimaksud adalah percaya diri, menyesuaikan diri dengan lingkungannya, mengendalikan perasaan serta mentaati aturan yang diberikan oleh guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan guru dan anak-anak di kelas B-1, data yang dikumpulkam dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Data yang dihasilkan tersebut selanjutnya peneliti analisis menggunakan reduksi data, display data dan menarik kesimpulan.Data yang telah diperoleh tersebut untuk menguji keabsahan suatu data, maka peneliti menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru pada proses pembelajaran luring dalam perkembangan sosial emosional, yaitu: 1) Menentukan tema yang akan diajarkan dalam RPPH, 2) Guru menentukan materi, metode, serta strategi dalam pembelajaran luring tersebut, 3) Guru mempersiapkan alat peraga yang akan digunakan 4) Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran (materi, metode serta strategi) yang ada di dalam RPPH tersebut, 5) Guru memmpersiapkan pertanyaan serta arahan untuk merangsang pengetahuan anak dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, 6) Guru melakukan evaluasi pada peserta didik. Keenam langkah ini telah diterapkan oleh guru di Taman Kanak-Kanak Islam Perkemas Bandar Lampung dan dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran dengan kondisi pembelajaran jarak jauh dimasa covid-19. Kata Kunci: Pembelajaran Luring, Sosial Emosional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Mar 2021 06:23
Last Modified: 29 Mar 2021 06:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13552

Actions (login required)

View Item View Item