EFEKTIVITAS RANSUM PAKAN TERNAK DENGAN PENAMBAHAN AMPAS TAHU DAN ECENG GONDOK (Eichhornia crassippes) TERFERMENTASI SEBAGAI PAKAN ALTERNATIF AYAM BROILER (Gallus domesticus)

EGA, MAWARNI (2021) EFEKTIVITAS RANSUM PAKAN TERNAK DENGAN PENAMBAHAN AMPAS TAHU DAN ECENG GONDOK (Eichhornia crassippes) TERFERMENTASI SEBAGAI PAKAN ALTERNATIF AYAM BROILER (Gallus domesticus). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI EGA MAWARNI fix.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of perpus pusat.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

Efektivitas Ransum Pakan Ternak Dengan Penambahan Ampas Tahu dan Eceng Gondok (Eichhornia crassippes) Terfermentasi Sebagai Pakan Alternatif Ayam Broiler (Gallus domesticus) Oleh Ega Mawarni ABSTRAK Industri tahu saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, hal ini ditandai dengan banyaknya industri tahu yang menjamur di Indonesia. Dari produksi tahu yang dihasilkan maka terbentuk ampas tahu sebanyak 25-35%.. Tanaman eceng gondok (Eichhornia crassippes) merupakan tanaman gulma air yang dapat merugikan karena dapat menyebakan pendangkalan akibat penguapan, tak hanya itu tumbuhan ini juga menyebabkan penurunan unsur hara yang cukup besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ransum dengan penambahan ampas tahu dang eceng gondok (Eichhornia crassippes) terfermentasi terhadap pertumbuhan ayam broiler (Gallus domecticus),mengetahui berapa rasio ampas tahu dan eceng gondok yang optimal untuk pertambahan bobot dan panjang ayam broiler. Penelitian ini dilakukan di desa Tulung Balak Kecamatan Tanjung Raja Lampung Utara menggunakan metode RAL dengan 4 perlakuan dan 3 kali pengulangan yaitu pakan komersial, campuran pakan komersial 80% : ampas tahu dan eceng gondok 20%, campuran pakan komersial 65% : ampas tahu dan eceng gondok 35%, campuran pakan komersial 50% : ampas tahu dan eceng gondok 50% yang diuji pada ayam broiler selama 28 hari. Parameter yang diamati yaitu bobot dan panjang badan. Data pertumbuhan ayam broiler dinalisis menggunakan uji one way anova dengan SPSS v.22. Dari hasil penelitian efektivitas ransum pakan ternak dengan penambahan ampas tahu dan eceng gondok (Eichhornia crassippes) terfermentasi sebagai pakan alternatif ayam broiler (Gallus domesticus) ransum pakan ternak dengan tambahan eceng gondok dan ampas tahu 50% memberikan hasil pertumbuhan yang paling optimal. Kata Kunci Ransum Pakan Ternak, Ampas Tahu dan Eceng Gondok (Eichhornia crassippes), ayam broiler (Gallus domesticus)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Mar 2021 04:40
Last Modified: 29 Mar 2021 04:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13550

Actions (login required)

View Item View Item