STUDI AKTIVITAS SEL IMUNOKOMPETEN PADA PENYAKIT MALARIA DILIHAT DARI ANALISA DOCKING SENYAWA HIBISCETIN KOMBUCHA ROSELLA (Hibiscus sabdariffa)

PUJI, NURROHMAH (2021) STUDI AKTIVITAS SEL IMUNOKOMPETEN PADA PENYAKIT MALARIA DILIHAT DARI ANALISA DOCKING SENYAWA HIBISCETIN KOMBUCHA ROSELLA (Hibiscus sabdariffa). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of FULL SKRIPSI  puji nurrohmah 1611060280.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[thumbnail of COVER BAB 1,2, DAPUSpuji nurrohmah 1611060280.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK STUDI AKTIVITAS SEL IMUNOKOMPETEN PADA PENYAKIT MALARIA DILIHAT DARI ANALISA DOCKING SENYAWA HIBISCETIN KOMBUCHA ROSELLA (Hibiscus sabdariffa) Oleh: Puji Nurrohmah Penyakit malaria merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia yang cenderung meningkat jumlah pasiennya serta semakin luas penyebarannya. Beberapa obat tersedia untuk mencegah malaria. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi cairan hasil fermentasi atau hasil peragian larutan teh, gula, dan jamur kombu yang lazim disebut teh “Kombucha” yang di fermentasikan bersama kelopak bunga rosella untuk dijadikan minuman herbal fungsional. Terdapatgossypetin, hibiscetin, dan quercetin yang merupakan senyawa golongan flavonoid.Dalam mengupayakan penemuan obat malaria yang efektif, pemanfaatan teknologi makin banyak digunakan untuk penemuan obat.Komputer mengenalkan metode Studi In Silico (Docking Molekuler) yang merupakan pendekatan pada suatu kondisi atau keadaan nyata kedalam simulasi komputer dengan menggunakan program tertentu dalam mendesain obat. Berdasarkan hasil penelitianhasil analisis docking antara hibiscetin dengan protein reseptor(4GRL) menunjukkan terbentuknya ikatan hydrogen berjumlah 6 ikatan yang semuanya berikat pada rantai A dan B yaitu ASP A:110, ARG B:149, THR A:90, LEU B:147, PRO B: 146, LEU A:108, PHE A:146 dengan nilai binding energy sebesar -3.08 nilai RMSD menunjukkan nilai sebesar 3.32 A yang menunjukkan bahwa reseptor 4GRL baik untuk digunakan dalam proses docking. Kata kunci: Docking Molekuler, In Silico, Kombucha, Malaria, Plasmodium, Rosella.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Mar 2021 03:48
Last Modified: 29 Mar 2021 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13547

Actions (login required)

View Item View Item