IMPELEMNTASI PENILAIAN OTENTIK BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS 2 BANDAR LAMPUNG

INTAN, ZOHROH (2021) IMPELEMNTASI PENILAIAN OTENTIK BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL INTAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penilaian otentik dibutuhkan dalam impelemetasi kurikulum 2013 karena dapat mengukur semua kompetensi siswa untuk menampilkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diperoleh dari pembelajaran dalam melakukan tugas pada sintuasi nyata, salah satu penilaian yang digunakan dengan pemanfaatan portofolio. penilaian portofolio dapat mencakup proses, produk, dan kinerja dalam pembelajaran guna memantau kemajuan belajar siswa dari waktu ke waktu. Penilaian portofolio sangat penting untuk dilaksanakan. Hal ini dikarenakan dalam penilaian portofolio telah disajikan beberapa jenis instrumen untuk menilai tiga kompetensi yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Al-Qur’an Hadits merupakan mata pelajaran bidang agama yang terdapat dalam sebuah madrasah. Al-Qur’an Hadits merupakan bidang yang mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan Al-Qur’an dan Al-Hadits. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian berbasis portofolio mata pelajaran Al-Qur’an Hadits oleh guru kelas VII B MTs Negeri 2 Bandar Lampung meliputi isi portofolio, kriteria penilaian isi portofolio, format penilaian isi portofolio, teknik penilaian dan bentuk penyusunan portofolio. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian guru Al-Qur’an Hadits kelas VII B MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumen analisis. Teknik analisis data menggunakan Deskriptif Kualitatif yang terdiri atas reduksi data, display, dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan triangulasi teknik yang membandingkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) isi portofolio yang dikembangkan untuk aspek kognitif berisi tugas harian siswa berupa ulangan harian, PR, dan LKS. Untuk aspek afektif diperoleh dari observasi, dan penilaian diri. Untuk aspek psikomotorik diperoleh dari praktik. Materi tugas tersebut sama dengan materi yang terdapat dalam silabus. 2) guru tidak mengembangkan kriteria penilaian isi fortofolio karena terbatasnya waktu yang dimiliki dan tugas-tugas lain yang menjadi tanggung jawab guru 3) format penilaian sesuai dengan yang terdapat dalam silabus dan RPP 4) teknik penilaian yang dikembangkan yaitu tertulis dan lisan dan telah sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditentukan. 5) tahap penilaian portofolio menyusun dokumen portofolio belum dilaksanakan, dan tidak dilengkapi dokumen atau bukti otentik. Kata kunci : Penilaian Berbasis Portofolio Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Mar 2021 02:38
Last Modified: 29 Mar 2021 02:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13545

Actions (login required)

View Item View Item