PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS) BERBANTUAN APLIKASI CONSTRUCT 2 PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 12 BANDAR LAMPUNG

NURUL, HAMIDAH (2021) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS) BERBANTUAN APLIKASI CONSTRUCT 2 PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 12 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI NURUL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan e-LKPD STEM berbantuan aplikasi construct2, mengetahui respon pendidik dan peserta didik SMAN 12 Bandar Lampung terhadap e-LKPD berbasis berbantuan aplikasi construct 2, dan mengetahui keefektifan e-LKPD berbasis STEM berbantuan aplikasi construct 2 kelas X SMAN 12. Penelitian ini merupakan penelitian RnD (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari Analyze, Design, Development, Implemantation, Evaluation. Hasil penilaian berdasarkan angket validasi ahli materi terhadap majalah ini termasuk dalam kategori sangat layak dengan nilai rata-rata sebesar 3,75 dari rata-rata skor tertinggi 4.00. Penilaian ahli media terhadap majalah ini termasuk dalam kategori sangat layak dengan nilai rata- rata sebesar 3,5. Pada uji coba skala kecil yang diikuti oleh 10 peserta didik kelas X memperoleh skor rata-rata yaitu 3,43 dari skor tertinggi dengan rata-rata 4.00 berdasarkan hasil dari angket respon yang telah diisi oleh peserta didik, hasil ini menempatkan majalah pada kriteria sangat menarik. Pada uji coba lapangan skala besar yang diikuti oleh 34 peserta didik skor rata-rata kemenarikan yang diperoleh yaitu 3,52 pada kriteria sangat menarik. Kualitas keefektifan produk dilihat dari tes hasil belajar. Hasil penelitian dan pengolahan data memperoleh nilai rata-rata 3,46 dari skala 4,00 untuk ahli materi dan 3,66 dari skala 4,00 untuk ahli media dan dikategorikan sangat layak. Untuk penilaian uji coba skala kecil memperoleh nilai rata-rata 3,65 dan untuk skala besar memperoleh nilai 3,68 dari skala 4,00 dengan kategori sangat layak. Hasil pengolahan data N-Gain diperoleh nilai rata-rata 0,697 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD elektronik berbasis STEM berbantuan aplikasi Construct 2 pada peserta didik kelas x SMAN 12 Bandar Lampung layak, menarik dan efektif untuk dijadikan alat bantu pembelajaran. Kata kunci: E-LKPD, STEM, Aplikasi Construct 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Mar 2021 06:36
Last Modified: 26 Mar 2021 06:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13540

Actions (login required)

View Item View Item