PENGARUH WAWASAN KONSUMEN, RELIGIUSITAS DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSANMENJADI NASABAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG BANDAR LAMPUNG

M. AVICENNA, MEUTHI (2021) PENGARUH WAWASAN KONSUMEN, RELIGIUSITAS DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSANMENJADI NASABAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sistem keuangan Islam yang bebas dari prinsip riba atau bunga, diharapkan mampu menjadi alternatif terbaik dalam mencapai kesejahteraan masyarakat. Hal ini dikarenakan perbankan sebagai lembaga keuangan utama dalam sistem keuangana dewasa ini tidak hanya berperan sebagai lembaga perantara keuangan (financial intermediary), namun juga sebagai industri penyedia jasa keuangan (financial industry) dan instrument kebijakan moneter yang utama. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pengaruh wawasan konsumen, religiusitas dan kepercayaan terhadap keputusan menjadi nasabah pada bank. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner menggunakan skala interval (1-5) kepada nasabah Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan responden sebanyak 100. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik sampel purposive sampling yang merupakan salah satu teknik pengumpulan data dari nonprobability sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu IBM SPSS Statistic 20. Analisis ini meliputi uji reliabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik, dan uji statistik. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan hasil bahwa variabel wawasan konsumen, religiusitas dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah pada bank syariah. Hasil uji f menunjukkan bahwa variabel wawasan konsumen, religiusitas dan kepercayaan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah pada bank syariah. Pengambilan keputusan dalam ekonomi Islam ini lebih berkaitan dengan prinsip keadilan, dimana dapat diambil contoh yakni keputusan seorang hakim dalam menetapkan hukum haruslah adil dan tegas untuk memutuskan suatu perkara peradilan. Kata Kunci: Wawasan Konsumen, Religiusitas, Kepercayaan, Keputusan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Mar 2021 06:50
Last Modified: 11 Feb 2023 07:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13533

Actions (login required)

View Item View Item