ANALISIS FAKTOR INTERNAL FUNDAMENTAL PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM SYARIAH PADA PERUSAHAAN INDEKS LQ 45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (PERIODE 2015-2018)

ACHMAD, DAIROBI (2021) ANALISIS FAKTOR INTERNAL FUNDAMENTAL PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM SYARIAH PADA PERUSAHAAN INDEKS LQ 45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (PERIODE 2015-2018). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK kunci: return saham, faktor fundamental, EPS, ROE, NPM, LQ45 Return saham merupakan salah satu indikator penting untuk melihat baik buruknya kinerja dalam suatu perusahaan. Investor lebih tertarik menginvestasikan dananya pada perusahaan yang memiliki prospek baik dengan memberikan keuntungan investasinya dimasa yang akan datang. Upaya meningkatkan return saham adalah dengan memperhatikan analisis perusaahaan atau faktor internal fundamental yang diproksikan dengan rasio Earning PerShare (EPS), Return On Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM). Dengan menganalisi faktor fundamental perusahaan, investor dapat menilai kinerja perusahaan tersebut. Sehingga pengambilan keputusan investasi dapat memberikan keuntungan dan meminimalisir resiko yang akan terjadi.. Dari latar belakang diatas memiliki permasalahanya itu bagaimana pengaruh Earning Per Share (EPS), Return On Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM) secara persial dan simultan terhadap return saham syariah diperusahaan yang terdaftar di Indeks LQ45. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor fundamental Earning Per Share (EPS), Return On Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM) secara persial dan simultan terhadap return saham syariah di perusahaan yang terdaftar di Indeks LQ45. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel menggunakan tiga pendekatan model regresi panel yaitu, common effect model, fixed effect model, dan random effect model. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t, uji F dan koefisien determinasi adjuster R2 . Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh 23 perusahaan saham syariah yang terdaftar di index LQ45 periode 2015-2018 yang diambil dari laporan keuangan tahunan yang diterbitkan BEI dalam websitenya www.idx.co.id. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa uji secara persial variabel independen EPS dan NPM berpengaruh positif signifikan terhadap return saham dengan nilai signifikan 0,0134 dan 0,0131 sedangkan variabel ROE tidak berpengaruh terhadap return saham dengan nilai signifikan sebesar 0,6643. Hasil uji secara simultan menunjukan bahwa variabel EPS, NPM dan ROE secara bersama- sama memiliki pengaruh terhadap return saham dengan nilai signifikan sebesar 0.0478453.Hasil uji koefisien determinasi adjusted R square (R2 ) sebesar 0.281247 atau 28,12%. Halini menunjukan bahwa 28,12% variasi return saham dapat dijelaskan oleh variabel EPS, ROE dan NPM. Sedangkan sisanya 77,88% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Mar 2021 04:13
Last Modified: 25 Mar 2021 04:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13529

Actions (login required)

View Item View Item