TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PEMBIAYAAN PEMBELIAN BARANG SECARA KREDIT MELALUI APLIKASI CICIL (Studi pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung)

Sinta, Fitriyanti (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PEMBIAYAAN PEMBELIAN BARANG SECARA KREDIT MELALUI APLIKASI CICIL (Studi pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL SINTA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pada zaman era digital banyak sekali aplikasi yang menawarkan fitur-fitur yang membuat mahasiswa kaum milenial mudah mendowload ataupun menggunakan aplikasi tersebut. Banyak dampak positif ataupun negatif pada zaman di gital yang semakin maju seperti era saat ini. Kaum milenial salah satunya Mahasiswa dalam dunia kampus, dengan adanya gedget yang canggih smartphone yang memadai sehingga bisa bertraksaksi dimana saja. Di playstore android saat ini telah menawarkan Aplikasi CICIL (Cicil Khusus Mahasiswa) yang memudahkan para mahasiswa yang ingin membeli barang ataupun kebutuhan yang mereka inginkan untuk menunjang kebutuhan perkuliahan dengan pengkreditan. Aplikasi ini menawarkan segala bentuk barang yang mahasiswa inginkan, Mahasiwa hanya mencari situs barang yang mereka inginkan dan aplikasi tersebuat akan mengagree barang tersebut dalam proses 3 hari dengan uang muka yang di bayarkan barang tersebut akan sampai dan pada bulan berikutnya mahasiswa wajib membayar cicilan tersebut dengan ketentuan dan persyaratan yang telah di buat oleh mereka. Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tinjuan hukum Islam tentang sistem pengkreditan melalui Aplikasi Cicil. Penelitian ini adalah penelitian hukum Islam dengan menggunakan pendekatan studi kasus yaitu penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriftif normatif yaitu jenis penelitian yang menggambarkan suatu permasalahan atau hasil penelitian secara objektif, tepat, dan peka terhadap fenomena yang terjadi dilapangan. Data yang digunakan dalam penelitian merupakan data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui metode wawancara terbuka, observasi, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan melalui editing dan sistematis data. Sedangkan data sekunder di peroleh dari teori�teori hukum Islam, perpustakaan, dokumentasi dan profil Aplikasi Cicil. Analisis data mengunakan analisis data kualitatif dengan mengunakan pendekatan metode deduktif. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa sistem pengkreditan melalui Aplikasi Cicil ditinjau menurut pandangan hukum Islam tentang pembiayaan pembelian barang secara kredit tidak sesuai dengan ketentuan hukum Islam karena tidak memenuhi beberapa rukun serta persyaratan dalam jual beli, yakni barang yang di perjual belikan bukan merupakan barang milik penjual seutuhnya sehingga barang menjadi (gharar), dalam perjanjian pihak aplikasi tidak menyampaikan hal-hal yang seharusnya ada dalam perjanjian serta perjanjian dibuat secara sepihak oleh aplikasi cicil (dzalim), adanya unsur penambahan (riba) harga karena penetapan margin yang secara sepihak. Implikasi dari penelitian ini harusnya pihak aplikasi lebih menekankan transaksi yang syar’i sehingga sesuai dengan rukun dan syarat hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Mar 2021 03:19
Last Modified: 25 Mar 2021 03:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13527

Actions (login required)

View Item View Item