PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTSN) 1 LAMPUNG BARAT

ASLAMIYAH, Tamri (2021) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTSN) 1 LAMPUNG BARAT. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ASLAMIYAH_TESIS_BAB I, BAB II,DAFTAR PUSTAKA.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of ASLAMIYAH_MPI_TESIS_1686131025.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Aslamiyah. 2020. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Lampung Barat Tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk; a) Menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru MTsN 1 Lampung Barat. b) Menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru MTsN 1 Lampung Barat. c) Menganalisis pengaruh kepemimpinana kepala madrasah dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru MTsN 1 Lampung Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah tenaga pendidik Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lampung Barat yang berjumlah 34 orang. Seluruh anggota populasi menjadi sampel dalam penelitian ini (total sampling). Metode pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan rumus product moment dengan bantuan program spss versi 21. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa berdasarkan hasil angket 34 responden dari 42 pernyataan dengan 5 opsi jawaban adalah 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap kinerja guru dengan rx2y 0.335, t = 5.326, β = 0.164. 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan rx2y = 0.629, β = 0.036, t = 4.147. 3) terdapat pengaruh yang positif antara kepemimpinan Kepala Madrasah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan rhitung = 0.343, rtabel = 0.287, Fhitung = 3.595, β = 0.039. Kesimpulannya adalah apabila kepemimpinan Kepala Madrasah semakin baik maka kinerja guru juga semakin baik begitu juga sebaliknya. Untuk itu kepemimpinan Kepala Madrasah perlu ditingkatkan lagi agar kinerja guru juga meningkat. Sedangkan guru yang memiliki motivasi kerja yang baik dalam melaksanakan tugasnya maka kinerja guru semakin baik, tetapi jika guru tidak memiliki memiliki motivasi kerja yang baik dalam menjalankan tugasnya maka kinerja guru tidak baik. Kepemimpinan Kepala Madrasah dan motivasi kerja secara bersama-sama semakin baik maka kinerja guru akan semakin baik, begitu juga sebaliknya. Kata kunci: kepemimpinan kepala madrasah, motivasi kerja, kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Mar 2021 04:26
Last Modified: 24 Mar 2021 05:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13515

Actions (login required)

View Item View Item