PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS (SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY SOCIETY) BERBANTUAN MEDIA MIND MAPING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH 1 WAY JEPARA

Alfi, iin khasanah (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS (SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY SOCIETY) BERBANTUAN MEDIA MIND MAPING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH 1 WAY JEPARA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI Alfi iin khasanah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS (Sains Environment Technology Society ) BERBANTUAN MIND MAPING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MTs MUHAMMADIYAH 1 WAY JEPARA LAMPUNG TIMUR” Oleh Alfi Iin Khasanah Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan proses sains peserta didik yang masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SETS berbantuan mind mapping terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi ipa kelas VIII di MTS Muhammadiyah Way Jepara 1 Lampung Timur. Metode dalam penelitian ini termasuk penelitian quasy eksperimen. Populasi sampel pada penelitian ini ada 3 kelas sedangkan sampel yang digunakan 2 kelas. Teknik pengambilan data menggunakan tes (posttest), lembar observasi dan dokumentasi dikumpulkan dan dianalisis menggunakan analisis statistik dengan memakai uji normalitas, uji homogenitas dan uji t independen. Hasil uji t independen untuk nilai gabungan nilai tes dan lembar observasi keterampilan proses sains kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh sig (2tailed)<α (0,05) dengan sig 0,00. Sesuai dengan kriteria uji t independen berarti H0 ditolak dan H1 diterima artinya model pembelajaran SETS berbantuan mind mapping berpengaruh dalam keterampilan proses sains peserta didik pada materi ipa kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Way Jepara Lampung Timur, maka model pembelajaran SETS dijadikan alternatif model pembelajaran terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi ipa di MTs Muhammadiyah 1 Way Jepara Lampung Timur. Kata kunci : Keterampilan proses sains, mind maping, SETS (sains environment technology society)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Mar 2021 03:33
Last Modified: 24 Mar 2021 03:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13512

Actions (login required)

View Item View Item