PEMBERDAYAAN MASYARAKAT ISLAM PADA KOMUNITAS TULI/TUNARUNGU MELALUI KEGIATAN KETERAMPILAN BAKAT DAN MINAT BERBASIS EKONOMI KREATIF DI KECAMATAN PRINGSEWU

ALIYAH, MANTIK (2021) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT ISLAM PADA KOMUNITAS TULI/TUNARUNGU MELALUI KEGIATAN KETERAMPILAN BAKAT DAN MINAT BERBASIS EKONOMI KREATIF DI KECAMATAN PRINGSEWU. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB I - II.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of COVER, BAB I - V LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT ISLAM PADA KOMUNITAS TULI/TUNARUNGU MELALUI KEGIATAN KETERAMPILAN BAKAT DAN MINAT BERBASIS EKONOMI KREATIF DI KECAMATAN PRINGSEWU Pemberdayaan masyarakat Islam berbasis ekonomi kreatif yang didalamnya ialah anak tunarungu pada komunitas Tuli/tunarungu Pringsewu yang beranggatokan 50 orang tuli/tunarungu. selama ini mereka diliat dari kekurangannya ,tanpa diberi kesempatan menunjukan kelebihannya sesuai dengan bakat dan minatnya. Dalam proses pemberdayaan masyarakat Islam, anak tuli/tunarungu membutuhkan pembinaan dan pendampingan. Rumusan masalah penelitian ini: 1). Apakah strategi pemberdayaan masyarakat Islam berbasis ekonomi kreatif?. 2)Bagaimana hasil dari pemberdayaan masyarakat Islam berbasis ekonomi?. Agus Ahmad Syafei menyebutkan pengembangan masyarakat Islam dalam perspektif Islam, yaitu sistem tindakan nyata yang menawarkan alternatif model pemecahan masalah ummah dalam bidang sosial, ekonomi, dan lingkungan. Maslow mengasumsikan bahwa orang berusaha memenuhi kebutuhan yang lebih pokok (fisiologis) sebelum mengarahkan perilaku kearah kebutuhan yang paling tinggi (self actualization). Apabila kebutuhan seseorang (anak tuli/tunarungu) sangat kuat, maka semakin kuat pula motivasi orang tersebut menggunakan perilaku yang mengarah pada pemuasan kebutuhannya. Pada penelitian ini metode penilitian yang peneliti gunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi 50 anak tuli/tunarungu, sampel 4 orang dan informan 4 orang. Pengembangan masyarakat Islam mengajak anak tunarungu menjalankan kewajibannya sebagai seorang muslim dan menjadi salah satu solusi untuk permasalahan. Anak tunarungu telah mengikuti serangkain kegiatan pemberdayaan masyarakat Islam yang dilaksanakan selama 2 bulan. Strategi- strategi dalam pemberdayaan pada penelitian ini adalah:1.penggunaan bahasa isyarat (BISINDO dan SIBI). 2. Pelatihan keterampilan. 3. Pemberian modal usaha. 4. Pemasaran hasil penelitian. 5. Pendampingan berkelanjutan. Karya yang menghasilkan usaha berbasis ekonomi kreatif disini ialah: 1). Usaha dikedai kopi isyarat. 2). Usaha Caca Salon. 3). Usaha membatik 4). Usaha las pagar rumah. Hasil Penelitian: 1).Anak tunarungu berubah pemahaman agama dan menjadikan mereka mandiri secara pribadi dan mandiri secara ekonomi. 2). Oang tua yang mempunyai anak tuli/tunarungu merasa terbantu dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat Islam berbasis ekonomi kreatif. 3).Menemukan model pemberdayaan masyarakat baru yang disebut dengan model “Empowering Deaf Innovation”. Kata Kunci: Pengembangan Masyarakat Islam, Pemberdayaan Masyarakat, Tuli/Tuna Rungu, Ekonomi Kreatif 7ABSTRACT EMPOWERMENT OF ISLAMIC SOCIETY IN THE DEA / TUNARUNGU COMMUNITY THROUGH ACTIVITIES OF TALENT AND INTEREST BASED CREATIVE ECONOMICS IN PRINGSEWU DISTRICT Empowerment of an Islamic community based on a creative economy, which includes deaf children in the Pringsewu deaf / deaf community which has 50 deaf / deaf members. so far they have been seen from their shortcomings, without being given the opportunity to show their strengths according to their talents and interests. In the process of empowering the Islamic community, deaf / deaf children need guidance and assistance. The formulation of the research problem: 1). What is the creative economy-based Islamic community empowerment strategy? 2) What are the results of economic-based Islamic community empowerment? Agus Ahmad Syafei mentioned that the development of an Islamic community from an Islamic perspective, namely a real action system that offers an alternative model for solving the ummah's problems in the social, economic and environmental fields. Maslow assumes that people try to meet more basic (physiological) needs before directing behavior towards their highest needs (self-actualization). If someone's needs (deaf / deaf children) are very strong, then that person's motivation to use behavior that leads to the fulfillment of their needs will be even stronger. In this study, the research method that researchers used is a descriptive method with a qualitative approach. Population of 50 deaf / deaf children, 4 samples and 4 informants. The development of the Islamic community invites deaf children to carry out their obligations as Muslims and to become one of the solutions to problems. Deaf children have participated in a series of Islamic community empowerment activities which have been held for 2 months. The strategies for empowerment in this study are: 1. use of sign language (BISINDO and SIBI). 2. Skills training. 3. Providing venture capital. 4. Marketing of research results. 5. Continuous assistance. The works that produce creative economy-based businesses here are: 1). His coffee shop was cue. 2). Caca Salon Business. 3). Batik business 4). Home fence welding business. Results: 1) Deaf children change their understanding of religion and make them personally and economically independent. 2). Old people who have deaf / deaf children feel helped by the empowerment activities of the Islamic community based on the creative economy. 3). Finding a new community empowerment model called the "Empowering Deaf Innovation" model. Keywords: Islamic Community Development, Community Empowerment, Deaf / Deaf, Creative Economy 8ةرصتخم ةذبن عمتجم يف يملاسلإا عمتجملا نيكمت DEA / TUNARUNGU يعادبلإا داصتقلاا ةطشنأ للاخ نم وسغنيرب ةقطنم يف حلاصملاو بهاوملا ىلع مئاقلا عمتجم يف مصلا لافطلأا لمشي يذلاو ، يعادبلإا داصتقلاا ىلع مئاق يملاسإ عمتجم نيكمت Pringsewu حاتت نأ نود ، مهبويع نم نلآا ىتح مهتيؤر مت دقل .مصلا / مصلا نم اوً ضع 50 مضي يذلا مصلا / مصلا لافطلأا جاتحي ، يملاسلإا عمتجملا نيكمت ةيلمع يف .مهتامامتهاو مهبهاومل اقً فو مهتوق راهظلإ ةصرفلا مهل عمتجملا نيكمت ةيجيتارتسا يه ام .)1 :ثحبلا ةلكشم ةغايص .ةدعاسملاو هيجوتلا ىلإ مصلا / مصلا ركذو ؟يملاسلإا عمتجملل يداصتقلاا نيكمتلا جئاتن يه ام )2 ؟يعادبلإا داصتقلاا ىلع ةينبملا يملاسلإا لاً يدب اجً ذومن مدقي يقيقح لمع ماظن يأ ، يملاسإ روظنم نم يملاسإ عمتجم ريوطت نأ يفايس دمحأ سوجأ ةيبلت نولواحي سانلا نأ ولسام ضرتفي .ةيئيبلاو ةيداصتقلااو ةيعامتجلاا تلااجملا يف ةملأا لكاشم لحل تناك اذإ .)تاذلا قيقحت( مهتاجايتحا ىلعأ وحن كولسلا هيجوت لبق )ةيجولويسفلا( ةيساسلأا تاجايتحلاا يدؤي يذلا كولسلا مادختسلا صخشلا اذه عفاد نإف ، ادً ج ةيوق )مصلا / مصلا لافطلأا( ام صخش تاجايتحا جهنم وه نوثحابلا همدختسا يذلا ثحبلا جهنم نإف ، ةساردلا هذه يف .ىوقأ نوكيس هتاجايتحا ةيبلت ىلإ عمتجملا ةيمنت نإ .نيربخم 4 و تانيع 4 ، مصأ / مص ًلافط 50 ناكسلا ددع .يعون جهنم وذ يفصو كراش .لكاشملل لولحلا دحأ اوحبصي نأو نيملسمك مهتابجاوب مايقلا ىلإ مصلا لافطلأا وعدت يملاسلإا تايجيتارتسا .نيرهش ةدمل ترمتسا يتلا يملاسلإا عمتجملا نيكمت ةطشنأ نم ةلسلس يف مصلا لافطلأا ةراشلإا ةغل مادختسا .1 :يه ةساردلا هذه يف نيكمتلا (BISINDO و SIBI). 2. .تاراهملا ىلع بيردتلا جتنت يتلا لامعلأا .ةرمتسملا ةدعاسملا .5 .ثحبلا جئاتن قيوست .4 .يرامثتسلاا لاملا سأر ريفوت .3 اكاك نولاص .)2 ًاديدج هب صاخلا ىهقملا ناك .) . 1 :يه انه يعادبلإا داصتقلاا ىلع ةمئاقلا لامعلأا نيدلل مهمهف مصلا لافطلأا ريغي )1 :جئاتنلا .يلزنملا جايسلا ماحل لامعأ .)4 كيتابلا لامعأ .)3 .لامعلأل / مص لافطأ مهيدل نيذلا نسلا رابك رعشي .)2 .يداصتقلااو يصخشلا نيديعصلا ىلع نيلقتسم مهنولعجيو ديدج جذومن داجيإ .)3 .يعادبلإا داصتقلاا ىلع ةمئاقلا يملاسلإا عمتجملل نيكمتلا ةطشنأ ةدعاسمب مص مصلا راكتبا نيكمت" جذومن ىمسي عمتجملا نيكمتل". يعادبلإا داصتقلاا ، مصلا / مصلا ، عمتجملا نيكمت ، يملاسلإا عمتجملا ةيمنت :ةيحاتفملا تاملكلا

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Mar 2021 03:11
Last Modified: 24 Mar 2021 03:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13511

Actions (login required)

View Item View Item