PENGEMBANGAN BUKU AJAR MUHADATSAH BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBICARA SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL ARQOM MUHAMMADIYAH METRO

Agung, Prawoto (2021) PENGEMBANGAN BUKU AJAR MUHADATSAH BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBICARA SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL ARQOM MUHAMMADIYAH METRO. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (13MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN BUKU AJAR MUHADATSAH BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBICARA SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL ARQOM MUHAMMADIYAH METRO Agung Prawoto NPM : 1888104001 Santri kelas X Pondok Pesantren Darul Arqom Muhammadiyah Metro belajar muhadatsah menggunakan buku bahasa Arab yang dikembangkan oleh Lembaga Pengembangan Pesantren Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Buku tersebut tidak disusun secara khusus untuk pembelajaran muhadatsah, akan tetapi disusun secara umum untuk materi bahasa Arab, yang mana materi-materinya juga mencakup tentang qiro’ah dan qowa’id, serta disusun tanpa menggunakan harokat. Materi-materi muhadatsah yang terdapat dalam buku ajar tersebut bersifat umum belum dikembangkan sesuai kebutuhan dan kondisi santri. Sehingga santri kesulitan untuk mempraktekan muhadatsah secara langsung dalam kehidupan sehari-hari dan menyebabkan ketrampilan berbicara santri tidak dapat berkembang secara maksimal. Serta hasil belajar santri pada semester ganjil rendah. Berdasarkan pada permasalah di atas, peneliti melihat pentingnya pengembangan buku ajar muhadatsah berbasis contextual teaching learning (CTL), yang mana materi-materinya disusun berdasarkan kegiatan dan kehidupan sehari-hari santri. Sehingga santri dapat mempraktekan materi muhadatsah dalam kehidupan sehari-harinya. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana spesifikasi buku ajar muhadatsah berbasis pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) dan menjelaskan bagaimana kelayakan buku ajar muhadatsah berbasis Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) untuk meningkatkan ketrampilan berbicara santri Pondok Pesantren Darul Arqom Muhammadiyah Metro. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development model Borg dan Gall (1989) dengan sepuluh langkah. Akan tetapi pada penlitian ini peneliti hanya menggunakan tujuh langkah yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. hal ini disebabkan waktu dan dana yang dimiliki peneliti terbatas, serta adanya wabah Covid-19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku ajar muhadatsah berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) memiliki beberapa spesifikasi yaitu, pertama, terdiri dari delapan belas tema yang berkaitan langsung dengan kegiatan dan kehidupan sehari-hari santri. Kedua, memiliki lima unsur yaitu tujuan umum, tujuan khusus, teks muhadatsah, kosakata baru dan latihan-latihan. Ketiga, disusun pada kertas berukuran B5, font KFGQPC Uthman Taha Naskh dan Traditional Arabic, ukuran font 20, dan spasi 1,15. Buku ini sangat baik dan layak untuk pembelajaran materi muhadatsah dan untuk meningkatkan ketrampilan berbicara santri Pondok Pesantren Darul Arqom Muhammadiyah Metro. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi oleh tim ahli dan hasil uji coba produk kepada guru muhadatsah dan santri kelas X. Hasil validasi produk kepada para ahli sebesar 87,68%, hasil uji coba produk kepada guru muhadatsah sebesar 91,30%, dan hasil uji coba produk kepada santri kelas X sebesar 86,64%. Adapun hasilnya secara umum sebesar 88,54% dengan predikat sangat baik. Kata Kunci : Buku Ajar Muhadatsah dan Contextual Teaching and Learning (CTL)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Mar 2021 07:55
Last Modified: 23 Mar 2021 07:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13507

Actions (login required)

View Item View Item