PERKEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN BUKU CERITA BERGAMBAR DI TK AL-HIDAYAH TANJUNG KARANG TIMUR

AYU, LESTARI (2021) PERKEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN BUKU CERITA BERGAMBAR DI TK AL-HIDAYAH TANJUNG KARANG TIMUR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI AYU LESTARI (1611070098).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak, Daftar Isi,Bab1,Bab2, Dapus.pdf] PDF
Download (841kB)

Abstract

ABSTRAK Berbicara secara umum dapat diartikan suatu penyampaian maksud (ide, pikiran, gagasan, atau isi hati) seseorang kepada orang lain dengan menggunakan bahasa lisan sehingga maksud tersebut dapat dipahami oleh orang lain. Perkembangan berbicara merupakan tahap di mana anak sudah mulai mampu menyampaikan pesan yang diinginkan dalam bentuk urutan bunyi yang berwujud dua atau tiga kata. Perkembangan bahasa yang baik khususnya dalam berbicara menjadikan anak dapat mengekspresikan pikiran dan perasaannya secara cerdas sesuai konteks dan situasi pada saat dia sedang berbicara. Penggunaan media cerita bergambar dapat mengembangkan kemampuan dasar anak dalam semua aspek bahasa, khususnya pada aspek perkembangan bicara anak, misalnya dengan cara guru merangsang komentar anak tentang isi gambar atau cerita bergambar, selain itu juga ada kegiatan berdiskusi dan menceritakan kembali cerita bergambar sehingga dapat mengasah perkembangan bahasa anak khususnya dalam berbicara.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimanakah perkembangan keterampilan berbicara anak usia dini menggunakan buku cerita bergambar di TK AL- Hidayah Tanjung Karang Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi sekarang. Sumber data diperoleh dari subjek penelitian yang berjumlah 13 anak TK kelas B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah proses kegiatan guru di TK AL-Hidayah dalam mengembangkan keterampilan berbicara anak usia dini melalui metode media buku cerita bergambar sudah terencana dan terlaksana dengan baik, dimana guru telah menyediakan media buku cerita bergambar, guru menentukan tema, guru menggunakan media tersebut saat kegiatan pembelajaran dan guru melakukan evaluasi pada akhir kegiatan. Kata kunci : Keterampilan berbicara, Buku cerita bergambar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Mar 2021 06:31
Last Modified: 23 Mar 2021 06:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13502

Actions (login required)

View Item View Item