PENGARUH ORANG TUA YANG SIBUK BEKERJA TERHADAP PEMBENTUKAN PRIBADI ANAK DI PERUMAHAN PERMATA BIRU BLOK C. LK. 1 SUKARAME BANDAR LAMPUNG

SEPTA, RUMANIAR (2021) PENGARUH ORANG TUA YANG SIBUK BEKERJA TERHADAP PEMBENTUKAN PRIBADI ANAK DI PERUMAHAN PERMATA BIRU BLOK C. LK. 1 SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of COVER_BAB I - II_DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Membentuk kepribadian adalah cara untuk meberikan arahan pada anak calon generasi penerus bangsa sebagai modal untuk masa depan, memberikan bekal budi pekerti yang lihur dan kepribadian yang baik sejak anak-anak. Orang tua berperan penting dalam proses membentuk kepribadian pada anaknya karena orang tua adalah orang yang pertama ia kenal. Kebutuhan yang diberikan melalui peranan akan membentuk pribadi anak menjadi baik dan memberikan anak kesempatan untuk mengaktualisasi dirinya. Permasalah yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh orang tua yang sibuk bekerja terhadap proses pembentukan pribadi anak di Perumahan Permata Biru Blok.C lk.1 sukarame Bandar lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orang tua terhadap proses pembentukan pribadi anak.penelitian ini dianalisis dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh yang signifigan antara pengaruh orang tua yang sibuk bekerja terhadap proses pembentukan pribadi anak. Ksimpulan pengaruh orang tua terhadap proses pembentukan pribadi anak berbentuk:1) Peran sebagai motivator,2) Peran sebagai pengawas,3) Peran sebagai pembimbing,4) Peran sebagai panutan. Faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung:1) Suasana hati 2) Kecerdasan anak, 3) Lingkungan tempat tinggal,4) Lembaga pendidikan,5) Teman sebaya. Faktor penghambat yaitu:1) Miss comuction,2) Waktu luang atau kesempatan,3) Pengawasan dan bimbingan orang tua tidak maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Mar 2021 06:59
Last Modified: 23 Mar 2021 07:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13501

Actions (login required)

View Item View Item