PENGARUH HAPUS BUKU (WRITE OFF) TERHADAP TINGKAT PENURUNAN RASIO NON PERFORMING FINANCING (NPF) PADA BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2013-2017

FARID, DARMAWAN (2021) PENGARUH HAPUS BUKU (WRITE OFF) TERHADAP TINGKAT PENURUNAN RASIO NON PERFORMING FINANCING (NPF) PADA BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2013-2017. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penyaluran dana merupakan fungsi utama bank dalam rangka mengelola dana yang diamanatkan oleh masyarakat kepadanya. Salah satunya adalah dalam bentuk pembiayaan. Sejalam dengan hal tersebut, pembiayaan yang disalurkan selalu diikuti dengan resiko yang mungkin timbul yaitu resiko pembiayaan bermasalah atau non performing financing (NPF). Bank Indonesia telah menetapkan standar rasio NPF pada bank syariah di Indonesia sebesar 5%. Tingginya rasio NPF pada sebuah bank mengindikasikan bahwa bank belum mampu menerapkan prinsip kehati-hatian secara maksimal dalam menyalurkan pembiayaannya. Salah satu kebijakan yang dilakukan oleh bank untuk menyelesaikan pembiayaan yang tergolong macet adalah dengan melakukan hapus buku (write off). Penelitian ini akan membahas bagaimana pengaruh hapus buku terhadap tingkat penurunan rasio NPF dan bagaimana pengaruh hapus buku dalam perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hapus buku terhadap tingkat penurunan rasio NPF dan menganalisis pengaruh hapus buku dalam perspektif ekonomi islam. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan data sekunder pada masing�masing bank sebagai sumber penelitian. Populasi penelitian berjumlah 13 bank umum syariah yang kemudian diambil 7 bank sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian uji asumsi klasik menunjukkan bahwa variabel independen hapus buku berdistribusi normal terhadap variabel dependen NPF. Hasil uji analisis regresi linier sederhana menunjukkan nilai koefisien regresi variabel hapus buku sebesar 0,320 terhadap tingkat penurunan rasio NPF. Artinya setiap kenaikan per satuan variabel hapus buku akan menyebabkan penurunan rasio NPF sebesar 0,320. Uji t parsial menunjukkan nilai signifikansi variabel hapus buku sebesar 0,020 < 0,05, yang berarti variabel hapusbuku berpengaruh positif terhadap variabel NPF. Kemudian nilai uji koefisien determinasi (R square) sebesar 0,154 dan nilai korelasi (R) sebesar 0,393. Hal ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh variabel hapus buku terhadap variabel NPF sebesar 15,4%, dengan demikian maka variabel penurunan rasio NPF yang dapat dijelaskan melalui variabel hapus buku hanya sebesar 15,4% . . Kata Kunci : Hapus Buku (Write off), Non Performing Financing (NPF)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Mar 2021 06:17
Last Modified: 23 Mar 2021 06:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13500

Actions (login required)

View Item View Item