PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Rili, Konita Zahara (2021) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengembangkan sebuah modul berbasis project based learning dimana peserta pendidik dapat membuat sebuah project dalam pembelajaran, modul ini menjadi buku pendamping dari buku tematik yang bertujuan untuk menunjang dalam proses pembelajaran serta memotivasi belajar. Penelitian ini bertjuan untuk kelayakan, respon peserta dan pendidik terhadap modul dengan berbasis project based learning. Penelitian ini menggunakan model penelitian borg dan gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono dengan 10 langkah namun peneliti meringkasnya menjadi 7 langkah sesuai dengan situasi penelitian, langkah- langkahnya yakini: potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Penelitian dituju kepada pendidik serta peserta didik SD N 1 Sumberagung dan SD Muhammadiyah Ambarawa, instrumen pengumpulan data yang digunakan yakni angket validasi yang diberikan kepada para ahli untuk mengetahui kelayakan produk dan angket yang diberikan kepada pendidik dan peserta didik untuk mengetahui respon dan kemenarikan produk. Hasil penelitian menunjukan produk yang dikembangkan oleh peneliti menurut para validator produk layak dengan presentase 78% dengan kriteria baik dari validator materi, 86% kriteria “sangat baik” dari validator bahasa dan 83,7% kriteria “sabgat baik dari validator media. pada respon pendidik mendapatkan 83% kriteria “sangat baik”, uji coba skala kecil mendapatkan 94,8% kriteria “sangat baik” dan pada uji coba skala besar mendapatkan 88% kriteria “sangat baik” dengan demikian produk yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan dan menunjang dalam proses pemblajaran. Kata Kunci:Modul, Motivasi belajar, project basde learnng

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Mar 2021 05:49
Last Modified: 23 Mar 2021 05:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13496

Actions (login required)

View Item View Item