PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD MUHAMMADIYAH SE KOTA BANDAR LAMPUNG

DINDA, PERMATA SARI (2021) PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD MUHAMMADIYAH SE KOTA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of TESIS 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of TESIS DINDA PERMATA SARI .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD MUHAMMADIYAH SE KOTA BANDAR LAMPUNG Oleh DINDA PERMATA SARI Kinerja guru sangat memberikan pengaruh bagi keberhasilan penyelenggaraan pendidikan dalam proses kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Ada tiga faktor yang berpengaruh terhadap kinerja, yaitu faktor individu, faktor psikologi dan faktor organisasi. Persepsi dan motivasi merupakan faktor psikologi yang berpengaruh terhadap kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh persepsi guru tentang kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Muhammadiyah Se Kota Bandar Lampung (2) mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru SD Muhammadiyah Se Kota Bandar Lampung dan (3) mengetahui pengaruh persepsi guru tentang kemampuan manajerial kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SD Muhammadiyah Se Kota Bandar Lampung. Jenis penelitian ini kuantitatif asosiatif dengan jumlah populasi sebanyak 123 guru dan sampel penelitian 94 guru. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket. Data kemudian dianalisis dengan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) nilai p-value (Sig.) variabel X1 persepsi guru tentang kemampuan manajerial kepala sekolah yaitu 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 8.099 lebih besar dari 1.986, (2) nilai p-value (Sig.) variabel X2 motivasi kerja yaitu 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 7.276 lebih besar dari 1.986 serta (3) nilai p-value (Sig.) variabel X1 persepsi guru tentang kemampuan manajerial kepala sekolah yaitu 0,000 dan X2 motivasi kerja yaitu 0,000 lebih kecil dari 0,05, nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu nilai persepsi guru tentang kemampuan manajerial kepala sekolah sebesar 6.088 dan nilai motivasi kerja sebesar 5.176 lebih besar dari ttabel 1.986 serta nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 55.379 lebih besar dari Ftabel 3.095. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan persepsi guru tentang kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Muhammadiyah Se Kota Bandar Lampung, (2) terdapat pengaruh signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru SD Muhammadiyah Se Kota Bandar Lampung dan (3) terdapat pengaruh signifikan persepsi guru tentang kemampuan manajerial kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SD Muhammadiyah Se Kota Bandar Lampung. Kata Kunci : Persepsi, Kemampuan Manajerial, Motivasi Kerja dan Kinerja Guru.ABSTRACT THE EFFECT OF TEACHERS' PERCEPTION OF THE HEADMASTER’S MANAGERIAL ABILITIES AND WORK MOTIVATION ON TEACHERS' PERFORMANCE IN ELEMENTARY SCHOOLS OF MUHAMMADIYAH BANDAR LAMPUNG By DINDA PERMATA SARI Teacher performance greatly influences the success of education in the process of teaching and learning activities to achieve the expected goals. There are three factors that influence performance, namely individual factors, psychological factors and organizational factors. Perception and motivation are psychological factors that affect teacher performance. However, This study aimed to: (1) determine the effect of teacher perceptions about the principal's managerial ability on the performance of teachers at Muhammadiyah Elementary Schools in Bandar Lampung City (2) to determine the effect of work motivation on the performance of Muhammadiyah SD teachers in Bandar Lampung City and (3) to determine the effect of teacher perceptions. about the managerial ability of school principals and work motivation on the performance of SD Muhammadiyah teachers in Bandar Lampung. This type of research was an associative quantitative with a total population of 123 teachers and a sample of 94 teachers. The data collection technique used was a questionnaire. The data were analyzed using simple linear regression analysis and multiple linear regression analysis using IBM SPSS Statistics 23. The results showed that (1) the p-value (Sig.) of the X1 variable, the teacher's perception of the principal's managerial ability, was 0.000 less than 0.05 and the t-value was greater than t-table, which was 8.099, which was greater than 1.986, (2) the value of The p-value (Sig.) of the X2 variable of work motivation is 0,000 less than 0.05, and the t-value is greater than the t table, which is 7,276 greater than 1,986 and (3) the p-value of the variable X1 is the teacher's perception of ability Principal managerial is 0,000, and X2 work motivation is 0,000 less than 0.05, the value of t is greater than t table, namely the value of teachers' perceptions of the principal's managerial ability of 6,088 and the value of work motivation of 5,176 is greater than t table of 1.986 and the value of F-count is greater than F-table, namely 55,379 greater than F-table 3.095. Based on the results of this study, it is concluded that (1) there is a significant influence on teacher perceptions of the principal's managerial ability on the performance of teachers of SD Muhammadiyah in Bandar Lampung, (2) there is a significant influence of work motivation on the performance of teachers of SD Muhammadiyah in Bandar Lampung and (3) there is a significant influence on teacher perceptions of the principal's managerial ability and work motivation on the performance of teachers of SD Muhammadiyah in Bandar Lampung. Keywords: Perception, Managerial Ability, Work Motivation and Teacher Performance.صخلم لمع زيفحتو ةيرادلإا ةسردملا سيئر ةردق نم نيملعملا روصت ريثأت ةيدمحم ةيئادتبلإا ةسردملا يف مهئادأ ىلع نيملعملا جنوبملا رادناب يف ةثحابلا يراس اتامريف ادنيد ملعتلا و ميلعتلا ةيلمع في ةيبترلا ةرادلإا حانج ىلع يربك لكشب ينملعلما ءادأ رثؤي لماوعلاو ةيدرفلا لماوعلا يهو ءادلأا ىلع رثؤت لماوع ةثلاث كانه .ةعقوتلما فادهلأا قيقحتل ءادأ ىلع رثؤت تيلا ةيسفنلا لماوعلا نم زيفحتلاو ةظحلالما برتعت .ةيميظنتلا لماوعلاو ةيسفنلا ةسردلما سيئرل ةيرادلإا ةردق ىلع ينملعلما روصث يرثأت ةفرعلم )1( :ثحبلا اذه فدهي .ينملعلما زيفحتلا يرثأت ةف رعلم )2( جنوبملا رادناب في ةيدممح ةيئادتبلإا ينملعلما ءادلأا ىلع لمعلا زيفتحو يرثأت ةفرعلم )3( و جنوبملا رادناب في ةيدممح ةيئادتبلإا ينملعلما ءادلأا ىلع لمعلا روصت ةيدممح ةيئادتبلإا ينملعلما ءادلأا ىلع لمعلا زيفتحو ةسردلما سيئرل ةيرادلإا ةردق ىلع ينملعلما .جنوبملا رادناب في 94 ثحبلا جذونمو ينملعم 123 ناكسلا ددعب ايًطبرا ت ايًمك ثحبلا عونلا اذه برتعي ليلتح مادختساب تانايبلا ليلتح تم ثم .نايبتساب تانايبلا عجم ةينقت تمدختسا .ينملعم .IBM SPSS Statistics 23 مادختساب ددعتلما يطلخا رادنحلاا ليلتحو طيسبلا يطلخا رادنحلاا 1 ةجيتن )1( ثحبلا ةجيتن نأ هجوت X يرغتم ,p-value (Sig.) ىلع ينملعلما روصث يه ttabel نم بركأ thitung ةخيتن و 0005 نم رغصأ 00000 يه ةسردلما سيئرل ةيرادلإا ةردق 2 ةجيتن )2( 010986 نم بركأ و 8.099 X يرغتم ,p-value (Sig.) يه لمعلا زيفتح 10986 نم بركأ و 70276 يه ttabel نم بركأ thitung ةخيتن و 0005 نم رغصأ 00000 يه ةسردلما سيئرل ةيرادلإا ةردق ىلع ينملعلما روصت X يرغتم ,p-value (Sig.) 1 ةجيتن )3(و يه ttabel نم بركأ thitung ةخيتن 00005 نم رغصأ 00000 يه لمعلا زيفتح X2 و 00000 يه لمعلا زيفتح ةجيتن و 6.088 ةسردلما سيئرل ةيرادلإا ةردق ىلع ينملعلما روصت ةجيتن t نم بركأ 5.176 Ftabel نم بركأ 55.379 يه Ftabel نم بركأ Fhitung ةجيتنو 10986 tabelينملعلما روصتب ايربك ايرثأت دجوت )1( نأ طبنتسن 0ةقباسلا ثحبلا جئاتن ىلع ادانتسا .3.095 )2( 0جنوبملا رادناب في ةيدممح ةيئادتبلإا ينملعلما ءادلأا ىلع ةسردلما سيئرل ةيرادلإا ةردق ىلع )3( جنوبملا رادناب في ةيدممح ةيئادتبلإا ينملعلما ءادلأا ىلع لمعلا زيفحتب ايربك ايرثأت دجوت ينملعلما ءادلأا ىلع لمعلا زيفتح و ةسردلما سيئرل ةيرادلإا ةردق ىلع ينملعلما روصتب ايربك ايرثأت .جنوبملا رادناب في ةيدممح ةيئادتبلإا .نيملعملا ءادأ و لمعلا زيفحت ,ةيرادلإا ةردق ,روصت : حيتافم تاملك

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Mar 2021 04:45
Last Modified: 23 Mar 2021 04:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13491

Actions (login required)

View Item View Item